Masjid Al-Barkah

Riyadhus Shalihin

Keutamaan Ar-Ribath

By  |  pukul 2:56 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 13 September 2022 pukul 10:37 am

Tautan: https://rodja.id/3k6

Keutamaan Ar-Ribath adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 9 Safar 1444 H / 6 September 2022 M.

Kajian sebelumnya: Umrah Bulan Ramadhan

Keutamaan Ar-Ribath

Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata: “Pernah ada seseorang datang menemui Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Lalu orang itu bertanya: ‘Siapakah di antara manusia ini yang paling afdhal?’ Maka dijawab oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

مُؤْمِنٌ يُجَاهِدُ بِنَفْسِهِ ومالِهِ في سبِيلِ اللَّهِ

“Orang yang paling utama adalah seorang mukmin yang dia berjihad di jalan Allah dengan jiwa raga dan hartanya.”

Lalu orang itu bertanya: ‘Kemudian siapa sesudah itu?’ Maka dijawab oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

مُؤْمِنٌ في شِعْبٍ مِنَ الشِّعابِ يعْبُدُ اللَّه ، ويَدَعُ النَّاسَ مِنْ شَرِّهِ

“Seorang mukmin yang pergi ke gunung menjauhi manusia, dia beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan meninggalkan manusia dari hal-hal buruk yang mungkin dia melakukannya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Hadits berikutnya:

وعنْ سهل بنِ سعْدٍ ، رضي اللَّه عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم ، قَالَ : « رِباطٌ يَوْمٍ في سَبيلِ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيا وما عَلَيْها ، ومَوْضِعُ سَوْطِ أَحَدِكُمْ مِنَ الجنَّةِ خَيْرٌ من الدُّنْيا وما عَلَيْها ، والرَّوْحةُ يرُوحُها العبْدُ في سَبيلِ اللَّهِ تَعالى ، أوِ الغَدْوَةُ ، خَيْرٌ مِنَ الدُّنْياَ وَما عَليْهَا » . متفقٌ عليه .

Baca Juga:
Keutamaan Ilmu - Bagian ke-2 - Bab 241 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Seorang berjaga di daerah-daerah perbatasan kaum muslimin selama satu hari karena Allah adalah lebih baik baginya daripada dunia dan semua yang ada diatas dunia ini. Dan satu tempat untuk meletakkan cambuk dari salah seorang di antara kalian di surga itu lebih baik daripada dunia dan apa yang ada di dalamnya. Dan seorang yang keluar dari rumahnya dalam rangka untuk berjihad di jalan Allah, baik diwaktu pagi atau sore, adalah lebih baik daripada dunia dan apa yang ada diatasnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini menjelaskan kepada kita tiga poin penting tentang keutamaan berjihad di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tiga hal itu yaitu:

Pertama, tentang ribat. Ribat yaitu seorang mukmin dengan sukarela menjaga di daerah-daerah perbatasan dari negeri-negeri muslim supaya tidak dimasuki dan diserang oleh musuh. Inilah yang dinamakan murabathah (مُرَابَطَة). Seorang yang menjaga satu hari di daerah perbatasan kaum muslimin itu dan dia berada di jalan Allah itu lebih baik daripada dunia dan apa yang ada diatas dunia ini.

Kedua, satu tempat yang kecil di surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. Bahkan disebutkan tentang sauth (satu alat yang dipakai untuk memukul kendaraan supaya dia bergerak dengan cepat) di surga lebih baik daripada dunia dan seisinya. Ini menunjukkan keutamaan orang yang berjihad di jalan Allah dengan jiwa, raga dan kendaraannya.

Baca Juga:
Bab tentang Menulis Ilmu - Hadits 111-113 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Ketiga, orang yang pergi meninggalkan keluarga dan harta bendanya untuk berjihad di jalan Allah, itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Keutamaan Ar-Ribath” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.