Masjid Al-Barkah

Al-Furqan Min Qashashil Quran

Orang Beriman Selalu Menjadi Penasihat Yang Terpercaya

By  |  pukul 1:53 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 19 Oktober 2022 pukul 8:39 am

Tautan: https://rodja.id/3lf

Orang Beriman Selalu Menjadi Penasihat Yang Terpercaya adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 14 Rabi’ul Awwal 1444 H / 10 Oktober 2022 M.

Kajian sebelumnya: Akibat Baik Untuk Orang-Orang Bertakwa

Orang Beriman Selalu Menjadi Penasihat Yang Terpercaya

Faedah ketiga dari kisah Qarun adalah orang yang beriman selalu menjadi penasihat yang terpercaya. Ini diambil dari surah Al-Qasas ayat 76. Ketika Qarun menyimpang dan sombong karena hartanya, dia membuat kerusakan di muka bumi, maka kaum mukminun menasihati Qarun. Mereka berkata kepada Qarun:

إِِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْفَرِحِينَ

“Sesungguhnya Allah tidak mencintai orang-orang yang membangga-banggakan diri.” (QS. Al-Qasas[28]: 76)

Memberikan nasihat merupakan amalnya para Nabi, Rasul dan orang-orang yang beriman. Allah Subhanahu wa Ta’ala firmankan tentang Nabi Nuh ‘Alaihis Salam:

قَالَ يَا قَوْمِ لَيْسَ بِي ضَلَالَةٌ وَلَٰكِنِّي رَسُولٌ مِّن رَّبِّ الْعَالَمِينَ ‎﴿٦١﴾‏ أُبَلِّغُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي وَأَنصَحُ لَكُمْ وَأَعْلَمُ مِنَ اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ ‎﴿٦٢﴾

“Nuh berkata: ‘Wahai kaumku, aku tidak sesat. Akan tetapi aku adalah seorang utusan Rabbul ‘Alamin. Aku sampaikan kepada kalian risalah-risalah Rabbku, dan aku menasihati kalian, dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kalian ketahui.'” (QS. Al-A’raf[7]: 61-62)

Baca Juga:
Hikmah Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah dan Rasul-RasulNya

Begitu juga Nabi Hud ‘Alaihis Salam, Allah firmankan tentangnya:

قَالَ يَا قَوْمِ لَيْسَ بِي سَفَاهَةٌ وَلَٰكِنِّي رَسُولٌ مِّن رَّبِّ الْعَالَمِينَ ‎﴿٦٧﴾‏أُبَلِّغُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي وَأَنَا لَكُمْ نَاصِحٌ أَمِينٌ ‎﴿٦٨﴾‏

“Hud berkata: ‘Wahai kaumku, aku bukannya orang yang tidak waras, akan tetapi aku adalah seorang Rasul yang diutus oleh Rabbul ‘Alamin. Aku sampaikan kepada kalian risalah-risalah Rabbku, dan aku adalah pemberi nasihat yang terpercaya.'” (QS. Al-A’raf[7]: 67-68)

Demikian juga Nabi Shalih, Allah Subhanahu wa Ta’ala menceritakan tentangnya:

…يَا قَوْمِ لَقَدْ أَبْلَغْتُكُمْ رِسَالَةَ رَبِّي وَنَصَحْتُ لَكُمْ وَلَٰكِن لَّا تُحِبُّونَ النَّاصِحِينَ

“Wahai kaumku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepada kalian risalah Rabbku, dan aku telah menasihati kalian, akan tetapi kalian tidak menyukai orang-orang yang memberi nasihat.” (QS. Al-A’raf[7]: 79)

Nabi Syu’aib Allah firmankan tentangnya:

…يَا قَوْمِ لَقَدْ أَبْلَغْتُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي وَنَصَحْتُ لَكُمْ ۖ فَكَيْفَ آسَىٰ عَلَىٰ قَوْمٍ كَافِرِينَ

“Wahai kaumku, aku telah menyampaikan kepada kalian risalah-risalah Rabbku dan aku telah menasihati kalian. Maka bagaimana aku bisa bersedih atas kaum yang kafir.” (QS. Al-A’raf[7]: 93)

Jelaskan sekali para Nabi adalah pemberi nasihat. Sampai Nabi kita yang kita cintai Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الدِّينُ النَّصِيحَةُ

“Agama itu nasihat.” Para sahabat bertanya: “Bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab:

لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ

Baca Juga:
Empat Faktor Penyebab Adzab Kubur

“Nasihat untuk Allah, kitab Allah, bagi Rasul Allah, para imam umat Islam dan orang awam dari kalangan mereka.” (HR. Muslim)

Hasan Al-Bashri Rahimahullah pernah berkata: “Sebagian sahabat Nabi berkata:

والذي نفسي بيده، إن شئتم لأقسمنَّ لكم بالله، إن أحب عباد الله إلى الله، الذين يحببون الله إلى عباده، ويحببون عباد الله إلى الله، ويسعون في الأرض بالنصيحة

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, kalau kalian mau aku akan bersumpah atas nama Allah Subhanahu wa Ta’ala, sesungguhnya hamba yang paling dicinta oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah orang-orang yang menjadikan Allah cinta kepada hamba-hambaNya dan menjadikan hamba-hambaNya cinta kepada Allah, dan mereka selalu memberikan nasihat di muka bumi.”

Ini adalah orang yang paling dicinta oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Orang Beriman Selalu Menjadi Penasihat Yang Terpercaya” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:
Sesuatu Yang Mudah Dilakukan Tidak Bisa Gugur Karena Ada Sesuatu Yang Sulit

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.