Masjid Al-Barkah

Ayat-Ayat Ahkam

Tafsir Ali Imran Ayat 64 – Seruan Ahlul Kitab

By  |  pukul 9:47 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 04 November 2022 pukul 9:14 am

Tautan: https://rodja.id/3m3

Tafsir Ali Imran Ayat 64 – Seruan Ahlul Kitab adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 1 Rabi’ul Akhir 1444 H / 27 Oktober 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 64 – Seruan Ahlul Kitab

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَىٰ كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا اللَّهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِّن دُونِ اللَّهِ ۚ فَإِن تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

“Katakanlah: ‘Wahai Ahli Kitab, marilah kepada kalimat yang sama antara kita dengan kalian, bahwa kita tidak beribadah melainkan kepada Allah dan kita tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun dan sebagian kita tidak mengambil sebagian yang lain sebagai tandingan selain Allah.’ Apabila mereka berpaling, maka katakanlah: ‘Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang menyerahkan dirinya.'” (QS. Ali ‘Imran[3]: 64)

Orang-orang yang disifati Ahlul Kitab adalah Yahudi dan Nasrani. Hal ini karena tidak ada kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala yang masih masih nampak bekasnya kecuali dua kitab ini, yaitu Taurat dan Injil. Allah menurunkan kitab-kitab kepada para RasulNya, tapi yang masih ada atsarnya adalah Taurat dan Injil. Padahal sebenarnya Allah Subhanahu wa Ta’ala tidaklah mengutus seorang Rasul kecuali membawa kitab. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Bagaimana Kiat Meraih Cinta Allah 'Azza wa Jalla

لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَأَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتَابَ…

“Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa keterangan-keterangan yang jelas dan Kami turunkan bersama mereka Al-Kitab…” (QS. Al-Hadid[57]: 25)

Dalam surah Ali Imran ayat 64 ini Allah perintahkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menyeru kepada Ahlul Kitab.

Allah perintahkan Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menyeru Ahlul Kitab kepada kalimat yang adil ini. Dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyampaikannya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menulis surat kepada Raja Heraklius agar memeluk Islam.

Apa saja faedah dari ayat ini? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.