Masjid Al-Barkah

Mukhtashar Shahih Muslim

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Menyebutkan Para Nabi

By  |  pukul 1:21 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 04 November 2022 pukul 9:26 am

Tautan: https://rodja.id/3m6

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Menyebutkan Para Nabi merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Mukhtashar Shahih Muslim yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Ahad, 4 Rabi’ul Akhir 1444 H / 30 Oktober 2022 M.

Kajian sebelumnya: Banyaknya Wahyu dan Terus-Menerus Turun

Kajian Hadits Tentang Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Menyebutkan Para Nabi

Kita masuk ke bab ذكر النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الأنبياء عليهم السلام (Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan para Nabi).

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ – رضيَ اللهُ عنهما – قَالَ سِرْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – بَيْنَ مَكَّةَ وَالْمَدِينَةِ فَمَرَرْنَا بِوَادٍ فَقَالَ أَيُّ وَادٍ هَذَا فَقَالُوا وَادِي الْأَزْرَقِ فَقَالَ كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى مُوسَى – عليه السلام – (فَذَكَرَ مِنْ لَوْنِهِ وَشَعَرِهِ شَيْئًا لَمْ يَحْفَظْهُ دَاوُدُ) وَاضِعًا إِصْبَعَيْهِ في أُذُنَيْهِ لَهُ جُؤَارٌ إِلَى اللهِ تعالى بِالتَّلْبِيَةِ مَارًّا بِهَذَا الْوَادِي قَالَ ثُمَّ سِرْنَا حَتَّى أَتَيْنَا عَلَى ثَنِيَّةٍ فَقَالَ أَيُّ ثَنِيَّةٍ هَذِهِ قَالُوا هَرْشَى أَوْ لِفْتٌ فَقَالَ كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى يُونُسَ عَلَى نَاقَةٍ حَمْرَاءَ عَلَيْهِ جُبَّةُ صُوفٍ خِطَامُ نَاقَتِهِ لِيفٌ (خُلْبَةٌ) مَارًّا بِهَذَا الْوَادِي مُلَبِّيًا.

“Dari Ibnu ‘Abbas -semoga Allah meridhainya- ia berkata: ‘Kami berjalan bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam di antara Makkah dan Madinah. Lalu kami melewati sebuah lembah yang kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Lembah apa ini?’ Kata mereka: ‘Ini lembah al-Azraq.’ Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Seakan aku melihat Nabi Musa ‘Alaihis Salam.’ Lalu kemudian Nabi menyebutkan warna kulitnya, rambutnya, sesuatu yang tidak dihafal oleh Dawud (yaitu perawi hadits) ‘Ia meletakkan dua telunjuknya di dua telinganya sambil mengeraskan suara dengan talbiyah dan melewati lembah ini.’ Kemudian Ibnu Abbas berkata lagi: ‘Kemudian kami pun berjalanlah, sehingga kami pun mendatangi sebuah tsaniyah (perempatan atau jalan di antara dua gunung).’  Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata: ‘Tsaniyah Harsya.’ Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Seakan aku melihat kepada Yunus bin Matta, dimana ia menunggangi untanya yang berwarna merah. Dia memakai jubah yang terbuat dari shuf dan tali untanya terbuat dari lif (tali dari tetumbuhan) melewati lembah ini sambil bertalbiyah.'” (HR. Muslim)

Baca Juga:
Masuk Surga dengan Sebab Rahmat Allah

Hadits ini merupakan anjuran untuk bertalbiyah dan mengangkat suara talbiyah ketika kita sedang berihram untuk haji atau umrah. Jadi ketika kita talbiyah dianjurkan dengan suara keras. Kebanyakan orang-orang yang umrah itu meninggalkan sunnah ini. Banyak di antara mereka malas untuk talbiyah, bahkan diantara mereka ada yang ngobrol, diam dan yang lainnya. Tentu ini tidak sesuai dengan sunnah.

Apa faedah-faedah dari hadits ini? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Menyebutkan Para Nabi” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.