Masjid Al-Barkah

Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu

Sunnah-Sunnah Shalat

By  |  pukul 7:53 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 04 November 2022 pukul 9:12 am

Tautan: https://rodja.id/3m7

Sunnah-Sunnah Shalat ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Kitab Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 5 Rabi’ul Akhir 1444 H / 31 Oktober 2022 M.

Download kajian sebelumnya: Wajib-Wajib Shalat

Kajian Tentang Sunnah-Sunnah Shalat

Sunnah-sunnah shalat adalah perbuatan atau ucapan yang dianjurkan untuk kita lakukan di dalam shalat. Kalau kita tidak lakukan maka tidak mengganggu keabsahan shalat. Dan kalau kita lakukan maka shalat akan menjadi semakin baik/sempurna. Semakin banyak sunnah-sunnah di dalam shalat yang kita lakukan, maka kualitas shalat kita menjadi semakin baik karena semakin sesuai dengan tuntunan Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan semakin dekat suatu amalan kepada sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka amalan tersebut semakin mulia.

Makanya berusahalah semaksimal mungkin untuk menjalankan sunnah-sunnah shalat ini. Kita rugi kalau shalat tapi asal-asalan, atau shalat dengan standar “yang penting sah”. Karena pahala akan sedikit, padahal kita bisa mendapatkan pahala yang agung. Kalau kita menjalankan sunnah-sunnah shalat, maka waktu yang kita pergunakan untuk shalat semakin berkah. Karena semakin banyak pahala yang kita dapatkan dalam waktu yang tidak jauh berbeda dengan ketika shalat hanya menjalankan wajib-wajibnya saja.

Baca Juga:
Khutbah Jumat Ramadhan: Hikmah Puasa Agar Tidak Mengharapkan Dunia Berlebihan

Sunnah shalat ini bisa kita bagi menjadi dua; sunnah qauliyah (ucapan) dan sunnah fi’liyah (perbuatan). Jumlah dari sunnah ini banyak sekali, jauh lebih banyak daripada rukun dan wajib shalat.

Sunnah shalat ini ada yang diperselisihkan oleh para ulama ada yang disepakati. Dan mungkin saja kita tidak akan banyak memperbincangkan tentang perselisihan para ulama dalam masalah-masalah sunnah shalat ini. Karena itu akan membutuhkan waktu yang sangat panjang.

Lihat: Sunnah-Sunnah Shalat

Apa saja yang termasuk Sunnah-Sunnah Shalat? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Wajib-Wajib Shalat” penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.