Masjid Al-Barkah

Riyadhus Shalihin

Keutamaan Berjuang Dijalan Allah

By  |  pukul 1:20 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 10 November 2022 pukul 12:35 pm

Tautan: https://rodja.id/3mb

Keutamaan Berjuang Dijalan Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 6 Rabi’ul Akhir 1444 H / 1 November 2022 M.

Kajian sebelumnya: Memohon Mati Syahid

Keutamaan Berjuang Dijalan Allah

Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala berkata:

وعنْ أبي مسْعُودٍ ، رضي اللَّه عَنْهُ ، قال جاءَ رجُلُ إلى النبي صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم بِنَاقَةٍ مَخْطُومةٍ فقال : هذِهِ في سبيل اللَّهِ ، فقال رسُولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « لكَ بِهَا يَومَ القِيامةِ سبعُمِائَةِ ناقَةٍ كُلُّها مخطُومةٌ » رواهُ مسلم .

Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Pernah datang seseorang kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan membawa seekor unta yang sudah diberi tanda, lalu dia mengatakan: ‘Ini untuk di jalan Allah.’ Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Balasan bagimu dihari kiamat kelak adalah tujuh ratus ekor unta yang semuanya diikat hidungnya seperti ini.'” (HR. Muslim)

Ini menunjukkan keutamaan orang yang bersedekah menyumbangkan harta untuk perjuangan di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dia akan mendapatkan balasan dari Allah. Tentu selama dia ikhlas karena Allah, bukan untuk dipuji dan disanjung manusia. Tetapi benar-benar yang diinginkannya adalah wajah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Anjuran Menjamu Tamu dan Membalas Kebaikan Serta Memimpin Dengan Baik

Hadits ini juga sebagai dalil bahwa balasan diberikan dari jenis amal yang sama. Maka kata Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam: “Bagimu 700 ekor unta di surga kelak.” Unta di surga tentu tidak sama dengan unta yang di dunia ini.

Hadits ini juga menjelaskan kepada kita tentang balasan Allah yang berlipat ganda. Allah Maha kaya dan Maha Mengetahui hati hamba-hambaNya. Orang-orang yang betul-betul ikhlas kepada Allah dalam perjuangan mereka di jalan Allah, maka mereka akan mendapatkan balasan yang besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semakin tinggi keikhlasan seseorang, maka balasannya pun akan semakin besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Keutamaan Berjuang Dijalan Allah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.