Masjid Al-Barkah

Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid

Ghuluw Terhadap Orang-Orang Shalih

By  |  pukul 7:33 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 18 November 2022 pukul 9:30 am

Tautan: https://rodja.id/3mp

Ghuluw Terhadap Orang-Orang Shalih adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 14 Rabi’ul Akhir 1444 H / 09 November 2022 M.

Kajian Tentang Ghuluw Terhadap Orang-Orang Shalih

Kita masuk ke bab tentang faktor yang menyebabkan manusia menjadi kafir dan meninggalkan agama mereka yaitu sikap yang berlebih-lebihan kepada orang-orang shalih.

Maksud dari bab ini adalah menjelaskan bahwa sebab terperosoknya manusia ke dalam perbuatan syirik -padahal bukti tauhid begitu tegas dan nyata- adalah sikap ghuluw terhadap orang-orang shalih.

Bukti nyata tauhid sudah kita pelajari pada bab-bab sebelumnya. Tetapi orang masih mensyirikan Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka salah satu sebabnya adalah karena sikap ghuluw terhadap orang-orang shalih.

Hubungan bab ini dengan tauhid adalah menunjukkan salah satu sarana yang menghantarkan kepada kesyirikan adalah sikap ghuluw terhadap orang-orang shalih.

Ghuluw artinya melampaui batas yang diizinkan oleh syariat Islam, baik itu dalam ucapan atau keyakinan. Berarti kalau ghuluw terhadap orang-orang shalih artinya melampaui batas yang diizinkan oleh syariat baik dalam ucapan atau keyakinan dalam perihal pengagungan terhadap orang-orang shalih.

Bab ini penjelasan adalah penjelasan tentang apa yang terjadi kepada orang-orang yang terlalu berlebihan kepada orang-orang shalih. Maka perbuatan ini adalah kesyirikan terhadap Allah di dalam perihal ibadah, yang dia adalah dosa paling besar Allah Subhanahu wa Ta’ala dimaksiati dengannya. Dimana ini bertentangan dengan tauhid yang ditunjuki oleh kalimat ikhlas.

Baca Juga:
Dalil-Dalil dari Penjelasan Para Ulama - Syarah 'Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Ustadz Yazid 'Abdul Qadir Jawas)

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لَا تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ وَلَا تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ إِلَّا الْحَقَّ ۚ إِنَّمَا الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُولُ اللَّهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَىٰ مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِّنْهُ…

“Wahai Ahli Kitab, janganlah kalian berlebih-lebihan di dalam agama kalian, dan janganlah kalian mengucapkan sesuatu atas Allah kecuali kebenaran. Sesungguhnya Al-Masih Isa putra Maryam adalah Rasulullah, dan kalimatnya yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepada Maryam dan ruh dariNya…” (QS. An-Nisa'[4]: 171)

Pengertian ghuluw adalah terlalu berlebih-lebihan dan meletakkan seseorang ke tempat kelebihan tersebut dan lupa terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ghuluw adalah berlebih-lebihan dalam pengagungan, baik itu dengan ucapan atau dengan perbuatan. Maksudnya adalah janganlah kalian mengangkat makhluk dari kedudukannya yang telah Allah Subhanahu wa Ta’ala bagikan kepada seluruh umat secara umum. Sebagai peringatan keras bagi orang-orang agar berbuat sebagaimana mereka berbuat.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari kita download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian


Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama “Ghuluw Terhadap Orang-Orang Shalih” ini melalui jejaring sosial facebook, twitter dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:
Menghadapi Cobaan dan Ujian Hidup Dengan Ketaatan Kepada Allah

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.