Masjid Al-Barkah

Fiqih Pendidikan Anak

Keteladanan dan Doa

By  |  pukul 1:59 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 02 Desember 2022 pukul 8:26 pm

Tautan: https://rodja.id/3ne

Keteladanan dan Doa ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Pendidikan Anak yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin , 3 Jumadil Awwal 1444 H / 28 November 2022 M.

Kajian Tentang Keteladanan dan Doa

Sudah tidak terhitung banyaknya orang tua yang mengeluh kepada kami, tentang betapa beratnya mendidik anak di zaman ini. Karena godaan, rintangan, halangan, ujian, itu sangat banyak. Mulai dari kecanduan gadget (apalagi saat pandemi dimana segala sesuatu serba online), pergaulan dan pertemanan yang susah dikontrol, dan banyak faktor-faktor lain yang membuat sebagian orang tua pusing tujuh keliling. Bahkan tidak sedikit di antara orang tua yang pasrah, menyerah dan berubah menjadi tidak peduli dengan perkembangan perilaku anaknya, dan membiarkan anaknya berkembang dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

Padahal, seorang mukmin itu seharusnya punya sifat dasar pantang menyerah, tidak mudah untuk putus asa. Hal ini karena dia yakin bahwa ujian yang Allah berikan itu tidak akan melebihi kemampuannya. Jadi ketika Allah memberikan ujian untuk kita di zaman ini berupa adanya gadget yang masuk hampir semua rumah, Allah mengetahui bahwa kita mampu untuk menghadapinya. Keyakinan inilah yang membuat seorang mukmin tetap optimis menghadapi ujian berat ini.

Hal kedua yang membuat seorang mukmin itu pantang menyerah adalah dia yakin punya Allah Yang Maha Kuat, Allah Yang Maha Kuasa, Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang. Itulah yang kita miliki. Allah mampu, mau dan akan berkenan untuk menolong hamba-hambaNya yang beriman.

Baca Juga:
Ragam Kekerasan Dalam Rumah Tangga Bagian 3

Dua hal ini, (1) keyakinan bahwa ujian Allah tidak akan melebihi kemampuan, (2) keyakinan bahwa kita punya Allah yang akan berkenan membantu kita, keyakinan itulah yang membuat seorang mukmin punya karakter pantang menyerah.

Seorang ulama besar Arab Saudi yang hidup di abad ini, Asy-Syaikh Abdullah Al-Ghudayyan Rahimahullahu Ta’ala. Beliau pernah ditanya oleh salah satu putrinya yang telah menjadi ibu tetang cara mendidik anak di zaman ini. Jawaban dari beliau sederhana, yaitu: “Modal mendidik anak di zaman berat seperti ini adalah keteladanan dan doa.” Jawaban beliau ini adalah inti pendidikan anak yang ideal.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Menanamkan Kejujuran Pada Anak” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.