Masjid Al-Barkah

Ayat-Ayat Ahkam

Tafsir Ali Imran Ayat 67 – Ibrahim Bukan Yahudi Ataupun Nasrani

By  |  pukul 2:28 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 16 Desember 2022 pukul 8:56 am

Tautan: https://rodja.id/3nr

Tafsir Ali Imran Ayat 67 – Ibrahim Bukan Yahudi Ataupun Nasrani adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 14 Jumadil Awal 1444 H / 08 Desember 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 67 – Ibrahim Bukan Yahudi Ataupun Nasrani

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

مَا كَانَ إِبْرَاهِيمُ يَهُودِيًّا وَلَا نَصْرَانِيًّا وَلَٰكِن كَانَ حَنِيفًا مُّسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

“Ibrahim bukan Yahudi dan bukan (pula) Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang hanif lagi berserah diri (kepada Allah), dan dia tidak termasuk orang-orang musyrik.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 67)

Maksud dari ayat yang mulai ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala menegaskan kepada orang-orang Yahudi dan Nasrani bahwa Ibrahim itu tidak berada di atas millah mereka.

Pelajaran dari ayat yang mulia ini adalah:

Ibrahim Bukan Yahudi Ataupun Nasrani

Menit ke-1:34 Allah Subhanahu wa Ta’ala menyatakan bahwa Ibrahim tidak ada kaitannya dari agamanya orang-orang Yahudi dan agamanya orang-orang Nasrani, atau dari metode yang dipakai oleh orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani. Dimana mereka mengklaim bahwa Ibrahim termasuk dari golongan mereka.

Baca Juga:
Hukum Bertabarruk dengan Pohon, Batu dan Semisalnya

Berlepas Diri

Hendaknya bagi orang yang belum tersifati dengan sifat tertentu menjelaskan tentang berlepas dirinya dari hal tersebut. Walaupun secara asal sifat tersebut terpuji. Akan tetapi di sini Allah Subhanahu wa Ta’ala menafikan Ibrahim dengan penafian yang sangat tegas bahwa Ibrahim bukan termasuk orang Yahudi atau Nasrani. Walaupun agama Yahudi setelah diutusnya Nabi Musa dan Nasrani setelah diutusnya Nabi Isa adalah agama yang benar. Tetapi ketika sudah dimansukh dengan diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka sifatnya harus dipertegas.

Pujian Kepada Nabi Ibrahim

Ayat ini merupakan pujian kepada Nabi Ibrahim. Sisi pujiannya adalah bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala mensifati Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam dengan sifat tauhid yang murni yang tidak tercampur dengan sifat kesyirikan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Tafsir Ali Imran Ayat 67 – Ibrahim Bukan Yahudi Ataupun Nasrani

Mari turut membagikan link download kajian “Tafsir Ali Imran Ayat 67 – Ibrahim Bukan Yahudi Ataupun Nasrani” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Membiasakan Anak Untuk Mengucapkan Salam

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.