Masjid Al-Barkah

Tafsir Al-Quran

Setan Berusaha Menyesatkan Manusia – Tafsir Surah Al-Baqarah 268

By  |  pukul 9:07 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 06 Februari 2023 pukul 9:03 am

Tautan: https://rodja.id/3p2

Setan Berusaha Menyesatkan Manusia – Tafsir Surah Al-Baqarah 268 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan Rodja TV pada Selasa, 2 Rajab 1444 H / 24 Januari 2023 M.

Download kajian sebelumnya: Wajibnya Zakat – Tafsir Surah Al-Baqarah 267

Setan Berusaha Menyesatkan Manusia – Tafsir Surah Al-Baqarah 268

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Setan menjanjikan kepada kalian kefakiran dan memerintahkan kalian kepada perbuatan yang keji; dan Allah menjanjikan untuk kalian ampunan dariNya dan karunia. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah[2]: 268)

Ayat ini kita ambil faedah, kata Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin Rahimahullah:

Setan Berusaha Menyesatkan Manusia

Penetapan bahwa setan berusaha untuk menyesatkan anak Adam. Dengan cara memberikan janji-janji yang palsu. Allah mengatakan: “Setan menjanjikan kepada kalian kefakiran.” Artinya ketika kita mau berinfak/sedekah, kita ditakut-takuti dengan kefakiran. Demikian pula dalam setiap amal. Ketika kita hendak menuntut ilmu, ditakut-takuti kalau kita tidak bisa mengamalkan ilmu dan yang lainnya.

Setan Memberikan Pengaruh

Setan itulah yang memberikan pengaruh kepada manusia untuk melakukan maksiat atau meninggalkan perintah dan ketaatan. Maksiat dihiaskan seakan-akan sesuatu yang indah di mata kita. Seperti halnya dihiaskan kepada Nabi Adam ‘Alaihish Shalatu was Salam oleh iblis bahwa pohon yang diharamkan ini justru bisa membuat Nabi Adam kekal di surga. Iblis berkata:

…هَلْ أَدُلُّكَ عَلَىٰ شَجَرَةِ الْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَا يَبْلَىٰ

“Hai Adam, maukah aku tunjukkan kepada kamu kepada pohon kekekalan dan kerajaan yang tidak akan hancur?” (QS. Tha Ha[20]: 120)

Iblis memutar balikkan fakta. Dimana pohon itu dinamai dengan nama yang mentereng. Yaitu pohon kekekalan dan kerajaan yang tidak akan hancur. Akhirnya iblis pun berhasil membuat Nabi Adam memakan yang diharamkan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian “Setan Berusaha Menyesatkan Manusia – Tafsir Surah Al-Baqarah 268” ini ke facebook, twitter dan yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.