Masjid Al-Barkah

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Tahapan Mendapatkan Buah dari Ilmu

By  |  pukul 10:41 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 06 Februari 2023 pukul 8:37 am

Tautan: https://rodja.id/3p4

Tahapan Mendapatkan Buah dari Ilmu adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 4 Rajab 1444 H / 26 Januari 2023 M.

Kajian sebelumnya: Orang Yang Mengetahui Keberadaan Hari Akhir

Ceramah Agama Islam Tentang Tahapan Mendapatkan Buah dari Ilmu

Bagaimana caranya kita menjadikan ilmu sebagai sesuatu yang bisa memotivasi kebaikan pada diri kita? Kita Renungkan agar benar-benar bisa menggerakkan kehendak dalam hati kita untuk melakukan kebaikan.

Imam Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala menjelaskan bahwa kebaikan dan kebahagiaan itu ibaratnya tersimpan dalam satu lemari yang kunci untuk membukanya adalah tafakur (memikirkan ilmu). Maka ilmu yang bermanfaat merupakan hasil dari memikirkan dan merenungkannya.

Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala menjelaskan bahwa ada lima tahapan yang harus kita berusaha tempuh agar mendapatkan buah dari ilmu.

Memikirkan dan memahami ilmu menghasilkan buah, yaitu ilmu yang bermanfaat. Kemudian memikirkan ilmu ini sendiri membuahkan satu keadaan yang akan terjadi pada hati. Kemudian buahnya akan akan membentuk keinginan berbuat di dalam hati. Kemudian buah dari keinginan itu adalah perbuatan (amal).

Kita tahu dalam Islam, bahwa perbuatan yang dihukumi adalah perbuatan yang dilakukan dengan keinginan dari hati. Makanya kalau ada perbuatan yang dilakukan tanpa sengaja, itu tidak dihukumi. Berbeda dengan yang dilakukan dengan sengaja. Adapun orang yang berbuat karena kelupaan/tidak sengaja/dipaksa, maka ini diampuni. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ تَجَاوَزَ لِي عَنْ أُمَّتِي: الخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوا عَلَيْهِ

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengampuni karena aku perbuatan-perbuatan yang dilakukan oleh umatku dengan ketidaksengajaan, kelupaan atau yang mereka dipaksa melakukannya.” (Hadits hasan, HR. Ibnu Majah, Al-Baihaqi, dan yang lain)

Maka ketika kita membentuk keinginan dari ilmu, kemudian akan menggerakkan hati sehingga terbentuklah kehendak di hati. Kalau itu dari kebaikan ilmu, berarti yang akan keluar nanti perbuatan-perbuatan yang baik.

Subhanallah.. Berarti kalau kita bisa senantiasa memikirkan ilmu sehingga membentuk kehendak yang baik dalam hati, perbuatan-perbuatan kita akan selalu mayoritas diisi dengan kebaikan-kebaikan amal perbuatan anggota badan kita.

Kalau begitu, merenungkan ilmu merupakan permulaan atau titik tolak dan kunci bagi semua kebaikan-kebaikan. Maka di sinilah akan menjelaskan bagimu tentang kemuliaan dan keutamaan merenungkan ilmu, dan bahwasanya itu merupakan seutama-utama amalan hati dan yang paling bermanfaat bagi hati. Sampai-sampai dikatakan dari nukilan sebagian pernyataan ulama yang mengatakan: “Berpikir (memikirkan ilmu) sesaat lebih baik daripada ibadah setahun.”

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Tahapan Mendapatkan Buah dari Ilmu” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.