Masjid Al-Barkah

Al-Furqan Min Qashashil Quran

Ashabus Sabti (Kisah Orang-Orang Dihari Sabtu)

By  |  pukul 2:39 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 27 Februari 2023 pukul 9:19 am

Tautan: https://rodja.id/3pf

Ashabus Sabti (Kisah Orang-Orang Dihari Sabtu) adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 15 Rajab 1444 H / 6 Februari 2023 M.

Kajian sebelumnya: Ilmu Syar’i Mengangkat Derajat Pemiliknya

Ashabus Sabti (Kisah Orang-Orang Dihari Sabtu)

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَاسْأَلْهُمْ عَنِ الْقَرْيَةِ الَّتِي كَانَتْ حَاضِرَةَ الْبَحْرِ إِذْ يَعْدُونَ فِي السَّبْتِ إِذْ تَأْتِيهِمْ حِيتَانُهُمْ يَوْمَ سَبْتِهِمْ شُرَّعًا وَيَوْمَ لَا يَسْبِتُونَ ۙ لَا تَأْتِيهِمْ ۚ كَذَٰلِكَ نَبْلُوهُم بِمَا كَانُوا يَفْسُقُونَ ‎﴿١٦٣﴾‏

“Dan tanyakanlah kepada mereka (Bani Israil) tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan dihari Sabtu, yaitu ketika datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung di permukaan laut, padahal pada hari-hari selain Sabtu, ikan-ikan tersebut tidak mendatangi mereka. Demikianlah Kami uji mereka disebabkan karena mereka berlaku fasik.” (QS. Al-A’raf[7]: 163)

وَإِذْ قَالَتْ أُمَّةٌ مِنْهُمْ لِمَ تَعِظُونَ قَوْمًا ۙ اللَّهُ مُهْلِكُهُمْ أَوْ مُعَذِّبُهُمْ عَذَابًا شَدِيدًا ۖ قَالُوا مَعْذِرَةً إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata: ‘Mengapa kamu menasehati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengadzab mereka dengan adzab yang amat keras?’ Mereka menjawab: ‘Agar kami mempunyai alasan (lepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu, dan supaya mereka bertakwa.” (QS. Al-A’raf[7]: 164)

Baca Juga:
Al-Qur'an Bisa Menolongmu Atau Membinasakanmu & Keutamaan Shalat Di Awal Waktu

فَلَمَّا نَسُوا مَا ذُكِّرُوا بِهِ أَنْجَيْنَا الَّذِينَ يَنْهَوْنَ عَنِ السُّوءِ وَأَخَذْنَا الَّذِينَ ظَلَمُوا بِعَذَابٍ بَئِيسٍ بِمَا كَانُوا يَفْسُقُونَ

“Maka ketika mereka telah lupa dari apa yang diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang-orang yang melarang manusia dari berbuat keburukan dan Kami menimpakan orang-orang yang dzalim dengan siksaan yang keras, disebabkan karena mereka selalu berbuat kefasikan.” (QS. Al-A’raf[7]: 165)

فَلَمَّا عَتَوْا عَنْ مَا نُهُوا عَنْهُ قُلْنَا لَهُمْ كُونُوا قِرَدَةً خَاسِئِينَ

“Maka ketika mereka sombong dari apa yang dilarang, Kami katakan kepadanya: ‘Jadilah kalian kera-kera yang hina.” (QS. Al-A’raf[7]: 166)

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكَ لَيَبْعَثَنَّ عَلَيْهِمْ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ يَسُومُهُمْ سُوءَ الْعَذَابِ ۗ إِنَّ رَبَّكَ لَسَرِيعُ الْعِقَابِ ۖ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

“Dan (ingatlah), ketika Rabbmu memberitahukan, sungguh Rabbmu akan mengirim kepada mereka sampai hari kiamat orang-orang yang akan menimpakan kepada mereka adzab yang seburuk-buruknya. Sesungguhnya Rabbmu betul-betul sangat cepat siksaNya, dan sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-A’raf[7]: 167)

وَقَطَّعْنَاهُمْ فِي الْأَرْضِ أُمَمًا ۖ مِنْهُمُ الصَّالِحُونَ وَمِنْهُمْ دُونَ ذَٰلِكَ ۖ وَبَلَوْنَاهُمْ بِالْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Dan Kami pecahkan mereka di bumi menjadi beberapa golongan; di antaranya ada orang-orang yang shalih dan di antaranya ada yang tidak demikian. Dan Kami uji mereka dengan kebaikan-kebaikan dan dengan keburukan-keburukan, agar mereka kembali.” (QS. Al-A’raf[7]: 168)

Baca Juga:
Bab Seseorang Mewudhukan Temannya - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Pembicaraan kita dalam kesempatan yang mulia ini ada tiga poin:

  1. Orang-orang Yahudi dan tentang hari Sabtu.
  2. Kisah Ashabus Sabti menjelaskan hakikat dari kaum Yahudi.
  3. Berdakwah kepada Allah merupakan perahu keselamatan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Ashabus Sabti (Kisah Orang-Orang Dihari Sabtu)” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.