Masjid Al-Barkah

Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu

Hal-Hal Yang Tidak Dibolehkan Dalam Shalat

By  |  pukul 10:29 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 27 Maret 2023 pukul 1:04 pm

Tautan: https://rodja.id/3qm

Hal-Hal Yang Tidak Dibolehkan Dalam Shalat ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Kitab Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 21 Sya’ban 1444 H / 13 Maret 2023 M.

Download kajian sebelumnya: Menangis Ketika Shalat

Kajian Tentang Hal-Hal Yang Tidak Dibolehkan Dalam Shalat

Pada pertemuan yang sebelumnya kita sudah membahas tentang hal-hal yang dibolehkan di dalam shalat, baik hal-hal berupa perbuatan maupun ucapan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang sebaliknya, yaitu hal-hal yang tidak dibolehkan di dalam shalat. Hanya saja kita di sini akan membagi pembahasan menjadi dua bagian. Yaitu:

  1. Hal-hal yang tidak dibolehkan di dalam shalat tapi tidak sampai membatalkan shalat. Hukumnya antara makruh atau haram.
  2. Hal-hal yang tidak dibolehkan di dalam shalat yang sampai membatalkan shalat.

Kalau itu merupakan sesuatu yang dimakruhkan, maka dia mengurangi pahala shalat. Kalau itu sesuatu yang diharamkan, disamping mengurangi pahala shalat maka itu mendatangkan dosa.

Meletakkan kedua telapak tangan di pinggang

Meletakkan kedua telapak tangan di pinggang atau yang disebut dengan istilah ikhtishar. Lihat video kajiannya di sini. Ini dilarang di dalam shalat. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu Ta’ala Anhu, beliau mengatakan:

أن النبي صلى الله عليه وسلم «نهى عن الخصر في الصلاة»

“Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah melarang ikhtishar (meletakkan kedua telapak tangan di dua pinggang) dalam shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada juga atsar dari Ibunda Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, bahwa beliau dahulu benci apabila orang yang shalat menjadikan tangannya di pinggangnya. Dan beliau mengatakan:

إن اليهود تفعله

“Sesungguhnya orang-orang Yahudi lah yang melakukan hal tersebut.” (HR. Bukhari)

Tindakan seperti ini merupakan perbuatan orang-orang Yahudi, maka di luar shalat pun hendaknya kita meninggalkan yang demikian.

Dan dari Ziyad bin Subaih Rahimahullah, beliau mengatakan: “Aku pernah shalat di sampingnya sahabat Ibnu Umar Radhiyallahu Ta’ala Anhuma, aku pun meletakkan tanganku di atas pinggangku. Maka ketika sahabat Ibnu Umar telah menyelesaikan shalatnya, beliau mengatakan:

هذا الصَّلْب في الصلاة، وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم ينهى عنه

“Ini adalah tanda palang (salib) di dalam shalat, dahulu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang dari perbuatan seperti itu.” (HR. Abu Dawud, An-Nasa’i, Ahmad)

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Hal-Hal Yang Tidak Dibolehkan Dalam Shalat” penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.