Masjid Al-Barkah

Riyadhus Shalihin

Membaca Doa Ketika Sujud

By  |  pukul 1:53 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 27 Maret 2023 pukul 10:35 am

Tautan: https://rodja.id/3qq

Membaca Doa Ketika Sujud adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 22 Sya’ban 1444 H / 14 Maret 2023 M.

Kajian sebelumnya: Doa Agar Rajin Berdzikir, Bersyukur dan Memperbaiki Ibadah

Membaca Doa Ketika Sujud

Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala berkata:

وعن أَبي هريرة – رضي الله عنه: أنَّ رسول الله – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: «أقْرَبُ مَا يَكُونُ العَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ، فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ». رواه مسلم.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata, bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabbnya yaitu ketika hamba itu sedang sujud, maka perbanyaklah berdoa.” (HR. Muslim)

Yang dimaksud dengan sujud di sini adalah sujud ketika shalat, bukan sujud yang dibuat-buat. Terutama seorang yang dalam keadaan shalat sunnah ketika shalat sendirian. Ini adalah kesempatan untuk dia memperpanjang sujudnya, baik sujud pertama atau kedua, di rakaat pertama atau kedua, dan seterusnya. Karena seorang yang shalat sendirian tidak terikat dengan makmumnya. Tetapi kalau seseorang yang menjadi imam lalu dia memperbanyak doanya, ini tentu akan menggelisahkan makmumnya.

Hadits berikutnya:

وعنه: أنَّ رسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَقُولُ في سجودِهِ: «اللَّهُمَّ اغْفِرْ لي ذَنْبِي كُلَّهُ: دِقَّهُ وَجِلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، وَعَلاَنِيَتَهُ وَسِرَّهُ». رواه مسلم.

Juga dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dahulu ketika shalat, beliau membaca dalam shalatnya: “Ya Allah ampunilah bagiku akan dosaku semuanya, baik dosa yang kecil juga yang besar, baik dosa yang sudah aku kerjakan atau yang belum aku kerjakan, dan dosa yang aku kerjakan dalam keadaan dilihat manusia ataupun disaat aku sendiri.” (HR. Muslim)

Hadits ini mengajarkan kepada kita tentang apa yang dicontohkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada kita. Yaitu agar kita membaca doa di dalam sujud kita. Doa yang baru kita dengar ini sangat mencakup semua dosa.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Membaca Doa Ketika Sujud” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.