Masjid Al-Barkah

Tafsir Al-Quran

Keagungan Rububiyahnya Allah – Tafsir Surah Al-Baqarah 285

By  |  pukul 11:03 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 21 Juni 2023 pukul 9:48 am

Tautan: https://rodja.id/3s6

Keagungan Rububiyahnya Allah – Tafsir Surah Al-Baqarah 285 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan Rodja TV pada Selasa, 10 Dzulqa’dah 1444 H / 30 Mei 2023 M.

Download kajian sebelumnya: Semua Milik Allah – Tafsir Surah Al-Baqarah 284

Keagungan Rububiyahnya Allah – Tafsir Surah Al-Baqarah 285

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“Rasul beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, dan kaum mukminin pun beriman. Semua mereka beriman kepada Allah, dan malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya dan rasul-rasulNya. (Mereka mengatakan): ‘Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun dari rasul-rasulNya’, dan mereka mengatakan: ‘Kami mendengar dan kami taat’. (Mereka berdoa): ‘Kami memohon ampunan kepada Engkau wahai Rabb kami, dan kepada Engkaulah tempat kembali’.” (QS. Al-Baqarah[2]: 285)

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam termasuk yang dibebani untuk beriman kepada apa yang diturunkan kepada beliau. “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beriman”, berarti itu menunjukkan bahwa beliau pun diwajibkan dan dibebani dengan keimanan. Maka semua perintah dan larangan yang dibebankan kepada umatnya pun juga dibebankan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Kecuali yang ditunjukkan oleh dalil yang menunjukkan bahwa itu khusus untuk Rasulullah, tidak untuk umatnya.

Baca Juga:
Doa-Doa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

Al-Qur’an firman Allah bukan makhluk

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Rasul beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya.” yang diturunkan itu berupa wahyu. Sedangkan berbicara itu sifat yang ada pada yang berbicara dan tidak mungkin berdiri sendiri. Sehingga ayat ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an itu firman Allah, dan firman Allah bukan makhluk.

Penetapan akan ketinggian Allah di atas makhluk-makhluknya

Ayat ini menetapkan akan ketinggian Allah di atas makhluk-makhlukNya. Karena disitu dikatakan: “Rasul beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya.” Karena yang namanya turun tidak mungkin dari bawah. Namanya turun tentu dari atas ke bawah.

Penetapan risalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Ayat ini menetapkan beliau adalah seorang Rasul. Karena Allah mengatakan: “Rasul beriman.” Ini menetapkan bahwa beliau adalah seorang Rasul, bukan hanya sebatas Nabi. Dan Ahlus Sunnah meyakini bahwa Rasul kedudukannya lebih tinggi daripada Nabi.

Keagungan Rububiyahnya Allah

Allah mengatakan di situ: “Rasul beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya” Dan kekhususan nisbat ini kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, yaitu “dari Rabbnya (Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam)”.

Berarti ini menunjukkan bahwa Allah pasti membela Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Karena Allah adalah Rabbnya Rasul, pemilik dan pengaturnya Rasul yang memberikan kepadanya risalah, tidak mungkin Allah akan membiarkannya. Allah pasti akan tolong.

Baca Juga:
Khutbah Jumat Singkat Tentang Musibah Yang Menimpa Agama

Demikian pula semua yang kedudukannya seperti rasul (menyampaikan risalah dakwah tauhid), tidak mungkin Allah menyia-nyiakan mereka. Allah pasti akan membela mereka.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian “Keagungan Rububiyahnya Allah – Tafsir Surah Al-Baqarah 285” ini ke facebook, twitter dan yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.