Masjid Al-Barkah

Riyadhus Shalihin

Doa Mohon Diperbaiki Agama, Dunia dan Akhirat

By  |  pukul 9:57 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 14 Agustus 2023 pukul 9:57 am

Tautan: https://rodja.id/3tn

Doa Mohon Diperbaiki Agama, Dunia dan Akhirat adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 21 Muharram 1445 H / 8 Agustus 2023 M.

Kajian sebelumnya: Makna Doa Sapu Jagat

Doa Mohon Diperbaiki Agama, Dunia dan Akhirat

Pembahasan kita sebelumnya sampai pada doa yang diperintahkan oleh Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam agar kita berlindung dari segala kesulitan, cobaan, putusan yang buruk terhadap diri kita, dan juga dari kegembiraan musuh atau lawan lantaran musibah yang menimpa diri seseorang.

Hadits berikutnya:

وعنه، قَالَ: كَانَ رسُولُ الله – صلى الله عليه وسلم – يقول: «اللَّهُمَّ أصْلِحْ لِي دِيني الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أمْرِي، وأصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتي فِيهَا مَعَاشِي، وأصْلِحْ لِي آخِرتِي الَّتي فِيهَا مَعَادي، وَاجْعَلِ الحَيَاةَ زِيَادَةً لِي في كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ المَوتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ». رواه مسلم.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Dahulu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengucapkan -dalam doanya yang artinya-: ‘Ya Allah, perbaikilah untukku agamaku yang itu adalah pemelihara dalam semua urusanku, dan perbaikilah untukku duniaku yang itu adalah tempat kehidupanku, dan perbaikilah akhiratku yang itu adalah tempat kembaliku. Dan jadikanlah kehidupanku ini sebagai sesuatu yang menambah kebaikanku, dan jadikanlah kematian sebagai peristirahatanku dari segala keburukan.” (Riwayat Muslim)

Ini adalah doa singkat dan padat yang mencakup kehidupan seorang mukmin baik di dunia maupun di akhirat. Doa ini seyogyanya dihafal, dibaca, dan dipahami maknanya oleh setiap muslim.

Doa ini termasuk dalam doa-doa yang merangkum berbagai makna, termasuk Jawami’ al-Kalim, yaitu kalimat-kalimat singkat yang diajarkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam namun mengandung makna yang luar biasa.

Memohon diperbaiki agama

Doa pertama yang dimohonkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah perbaikan agamanya. Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berdoa: “Ya Allah, perbaikilah aku akan agamaku yang dia merupakan pemelihara bagi urusan-urusanku.”

Hal ini menunjukkan bahwa agama Islam adalah pemelihara bagi seorang hamba. Ketika dia mengikuti ajaran dan syariat Islam dengan baik, dia menaati perintah dan menjauhi larangan Allah, maka Islam memelihara seorang hamba dari kesalahan-kesalahan, dari ketergelinciran, dan dari penyimpangan. Baik itu dalam masalah aqidah, ibadah, akhlak, muamalah, dan seterusnya.

Inilah pentingnya kita belajar Islam. Karena Islam telah mengatur segala aspek kehidupan, dari bangun tidur hingga tidur kembali, bahkan ketika bermimpi pun ada tuntunannya.

Maka kita bersyukur kepada Allah atas hidayah Islam yang tak ternilai harganya.

Bagaimana cara memperbaiki agama? Yaitu dengan kita belajar, bertanya kepada ulama, dan mengamalkannya. Yang pertama diperbaiki adakah aqidah (keyakinan) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kita memperbaiki hati dengan memasukkan ke dalamnya aqidah yang benar, aqidah yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Kemudian memperbaiki ibadah dan prilaku. Karena aqidah yang benar akan membuahkan prilaku yang benar. Adapun aqidah yang menyimpang maka akan membuahkan prilaku yang menyimpang.

Maka dari itu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memohon kepada Allah agar Allah memperbaiki agamanya.

Memohon diperbaiki dunia

Bagaimanapun namanya manusia, Allah tempatkan dia di bumi untuk bisa hidup dalam kurun waktu tertentu untuk berusaha dan beribadah. Maka dunia pun salah satu hal yang harus kita perbaiki dengan memohon pada Allah Ta’ala perbaikan akan kehidupan kita. Baik dari sisi agama, ekonomi, pendidikan dan yang lainnya.

Manusia hidup di dunia ini memerlukan makan, minum, tempat tinggal, pakaian, dan seterusnya dari kebutuhan-kebutuhan. Apalagi hidup di zaman kita ini dimana kebutuhan jauh lebih banyak dibandingkan zaman dahulu.

Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memohon kepada Allah untuk memperbaiki dunianya. Agar Allah memberikan kepada seorang muslim rezeki yang halal. Karena rezeki yang haram akan berdampak pada seseorang dan akan menimpa orang itu.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Doa Mohon Diperbaiki Agama, Dunia dan Akhirat” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.