Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Doa Keluar Rumah

By  |  pukul 1:56 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 16 Agustus 2023 pukul 1:58 pm

Tautan: https://rodja.id/3tt

Doa Keluar Rumah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 27 Muharram 1445 H / 14 Agustus 2023 M.

Lihat sebelumnya: Doa Saat Mendadak Bangun Tidur Ketakutan

Kajian Tentang Doa Keluar Rumah

Salah satu aktivitas yang selalu dialami oleh setiap manusia adalah keluar rumah. Karena mau tidak mau, kita punya banyak kepentingan di luar rumah, baik itu kepentingan duniawi maupun kepentingan ukhrawi. Jadi, mau tidak mau, setiap manusia pasti keluar rumah. Bahkan, dalam sehari, bisa keluar rumah beberapa kali.

Karena aktivitas ini sering dan rutin kita lakukan, maka dalam agama Islam mendapatkan perhatian khusus. Salah satu bentuk perhatiannya adalah dengan mengajarkan beberapa adab dan etika yang perlu kita perhatikan dan terapkan saat keluar rumah. Salah satu adab keluar rumah adalah membaca doa.

Mengapa kita diperintahkan untuk membaca doa? Karena kita butuh perlindungan, bantuan, dan petunjuk dari Allah. Tanpa bantuanNya, kita akan kesulitan menyelesaikan urusan-urusan kita. Tanpa petunjuk dari Allah, kita bisa tersesat saat keluar rumah. Dan tanpa penjagaan dari Allah, di luar sana, banyak makhluk jahat yang siap mencelakai kita. Oleh karena itu, kita diperintahkan untuk membaca doa saat keluar rumah.

Ternyata, ketika kita merujuk pada hadits-hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, kita akan menemukan beberapa variasi doa keluar rumah. Selama ini, kita mungkin hanya hafal satu redaksi doa yang biasa kita ucapkan:

Baca Juga:
Sebab Terkabulnya Doa - Bagian ke-8 - Fiqih Doa dan Dzikir (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Dalil Landasan Doa Keluar Rumah

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

«إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ»

“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu ia membaca doa “Bismillâhi tawakkaltu ‘alallôhi lâ haula wa lâ quwwata illâ billâh (Dengan memohon pertolongan Allah aku keluar. Aku bertawakkal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali hanya dari Allah)”; niscaya akan dikatakan untuknya, “Engkau telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan perlindungan”. Lalu para setan bakal menyingkir dan saling berkomentar kepada sesamanya, “Apa yang bisa kau perbuat kepada orang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan perlindungan?”. HR. Abu Dawud (no. 5095) dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu dan dinilai sahih oleh al-Albaniy.

Renungan Kandungan Doa Keluar Rumah

Di dalam doa ini, kita diajarkan bahwa manusia tidak mungkin lepas dari pertolongan Allah. Kapanpun dan dimanapun, dalam kondisi apapun, kita selalu membutuhkan bantuan Allah. Mengapa? Karena manusia adalah makhluk yang lemah, sedangkan Allah adalah Dzat yang Maha Kuat. Tidak mungkin makhluk yang lemah bisa berdiri sendiri tanpa bantuan Allah. Oleh karena itu, di dalam doa ini, kita mengakui bahwa kita bergantung, berserah diri, dan butuh bantuan Allah.

Baca Juga:
Bimbingan Yang Menyenangkan

Doa ini dibuka dengan basmalah. Nama Allah disebut sebagai bentuk permohonan hamba kepadaNya; agar Dia menolong, menjaga dan memberikan pada petunjuk.

Selanjutnya kita mengikrarkan ketawakalan hanya kepada Allah. Tawakal adalah amalan hati. Maknanya adalah: ketergantungan hati kepada Allah, menyerahkan dan mempercayakan segala urusan kepada Allah semata. Jika hamba merealisasikan tawakal; niscaya keikhlasannya akan memuncak, hubungannya dengan Allah semakin dekat, sehingga dia akan senantiasa dilindungi oleh Allah dan keperluannya selalu dipenuhi olehNya.

Di penghujung doa ini, kita mengucapkan hauqalah; yakni kalimat lâ haula wa lâ quwwata illâ billâh. Dzikir ini adalah simbol kepasrahan hamba kepada Allah dan pernyataan bahwa kekuatan sejati itu hanya di tanganNya. Di dalam kalimat ini juga terkandung pengakuan akan kelemahan diri hamba di hadapan Rabbul ‘alamin. Ia tidak mampu untuk mendatangkan manfaat apapun atau mencegah marabahaya sekecil apapun, melainkan jika dibantu oleh Allah Ta’ala.

Siapapun yang membaca doa di atas dengan serius, niscaya ia akan meraih berbagai macam keuntungan. Dia akan mendapatkan petunjuk dari Allah untuk menemukan jalan kebenaran dan menitinya, sehingga tidak akan ada yang bisa menyesatkannya. Lalu seluruh urusan duniawi dan ukhrawinya akan dipenuhi Allah. Juga ia akan dilindungi oleh Allah dari kejahatan para musuhnya, baik dari kalangan jin maupun manusia. Saat itulah para setan merasa pesimis untuk menemukan celah guna mencelakainya, sehingga mereka memilih untuk pergi menjauh.

Baca Juga:
Pelajaran Bagi Yang Memiliki Hati

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Doa Keluar Rumah” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.