Masjid Al-Barkah

Riyadhus Shalihin

Arti dan Makna Jazakallahu Khairan

By  |  pukul 10:33 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 18 September 2023 pukul 10:35 am

Tautan: https://rodja.id/560

Arti dan Makna Jazakallahu Khairan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 26 Safar 1445 H / 12 September  2023 M.

Kajian sebelumnya: Doa Agar Dicintai Allah

Arti dan Makna Jazakallahu Khairan

Dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu ‘Anhuma, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ، فَقَالَ لِفاعِلهِ: جَزَاكَ اللهُ خَيرًا، فَقَدْ أبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ

“Barangsiapa yang dia diperlakukan satu kebaikan kepadanya, kemudian orang yang diperlakukan kebaikan itu mengucapkan: ‘Jazakallahu Khairan (Semoga Allah memberikan balasan kamu dengan suatu kebaikan)’, maka dia betul-betul telah menyampaikan perbuatan terpuji terhadap orang yang berbuat baik tersebut.” (HR. Tirmidzi)

Pada ucapan “Jazakallahu Khairan” ini terdapat makna bahwa seseorang menampakkan kelemahannya dan mengalihkan kelebihan pada orang tersebut dengan menyebutkan bahwa “Semoga Allah memberikan balasan kepada engkau.” Yakni maksudnya dia mengatakan: “Aku tidak bisa membalas perbuatan baikmu, karena kelemahanku. Tetapi yang membalasnya adalah Dzat yang Maha Kuasa, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Ini merupakan salah satu di antara adab-adab yang diajarkan Islam kepada kita. Karena Islam adalah agama yang mengajarkan adab kepada Allah, kepada manusia, kepada binatang, dan seterusnya. Oleh karena itu Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Hafidzahullahu Ta’ala mengatakan:

 الدِّين كلهُ خُلق

“Agama ini semua berkaitan dengan akhlak.”

Salah satu akhlak yang diajarkan oleh Islam adalah bagaimana sikap kita terhadap orang yang berbuat baik kepada kita. Kalau kita tidak bisa memberikan sesuatu kepadanya karena perbuatan baik yang dikerjakannya, maka minimal kita mengucapkan kalimat atau doa untuknya: “Jazakallahu khairan (Semoga Allah memberikan balasan kebaikan kepadamu).” Yakni engkau telah berbuat baik kepadaku, maka semoga Allah juga memberikan balasan kebaikan kepada engkau.

Betapa indahnya agama Islam ini, yang mengajarkan kepada kita adab, bagaimana berbuat baik terhadap orang yang berbuat baik kepada kita. Minimal dengan doa. Maka benar bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan akhlak yang mulia.

Maka dari itu, marilah kaum muslimin, jangan kita gampangkan masalah akhlak. Karena masalah akhlak adalah masalah yang sangat penting, bagian dari aqidah. Sehingga para ulama ketika menulis masalah aqidah dalam kitab-kitab mereka, mereka memasukkan masalah akhlak. Dan cara muamalah seperti yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ini adalah muamalah yang amat mulia, menjadikan seseorang senang kepada kita. Dengan akhlak yang demikian baiknya, ketika kita mengatakan: “Jazakallahu khairan (Semoga Allah memberikan balasan kepada engkau).”

Jadi, apabila kita diperlakukan baik oleh seseorang, maka kita menjawab dengan “Jazakallahu Khairan.”

Kita masih jumpai ada beberapa tambahan dalam penggunaan hadits ini. Ada orang yang mengatakan “Jazakallahu Khairan Katsiran.” Tapi alangkah baiknya kalau kita cukup dengan kalimat yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Adapun yang mengatur banyak atau sedikitnya balasan itu adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tapi ketika kita berpegang pada lafadz redaksi dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka itu lebih utama.

Ada lagi, sebagian orang ketika berterima kasih dengan ucapan ini, mereka mengurangi kata “khairan” sehingga hanya menjadi “Jazakallah…”, maka ini kalimat yang tidak sempurna. Maka disempurnakan kalimat itu sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Jazakallahu Khairan.”

Kalau mereka berdua, ucapkan “Jazakumallahu Khairan.” Kalau orang yang banyak, ucapkan “Jazakumullahu Khairan” Ini sudah cukup tanpa perlu ditambah atau dikurangi.

Pelajaran dari ucapan Jazakallahu khairan

Kita dianjurkan untuk berbuat baik kepada hamba-hamba Allah, baik dengan menolong mereka semampu kita. Berbuat baik kepada mereka, baik dengan ucapan lisan maupun dengan perbuatan. Ini anjuran dari agama kita. Makanya, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

 لا تَحقِرَنَّ مِنَ المَعْرُوف شَيْئًا، وَلَو أنْ تَلقَى أخَاكَ بوجهٍ طليقٍ

“Jangan kamu meremehkan untuk berbuat baik, meskipun hanya senyum terhadap saudaramu.” (HR. Muslim)

Ini luar biasa. Inilah agama yang diajarkan oleh Muhammad bin Abdillah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Bukan agama beringas dan kejam. Bukan agama yang menampakkan wajah menakutkan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan senyum. MasyaAllah, betapa indahnya Islam ini.

Maka jangan rusak agama ini dengan perangai-perangai yang buruk dan akhlak-akhlak yang bejat. Islam ini indah. Islam menyuruh menebarkan salam dan senyum kepada hamba-hamba Allah. Karena dengan demikian akan menarik manusia kepada agama Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kemudian kita juga dianjurkan untuk membalas satu kebaikan. Kalau ada orang berbuat baik kepada kita, maka kita balas kebaikan orang tersebut, meskipun hanya dengan ucapan “Jazakallahu Khairan.”

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Arti dan Makna Jazakallahu Khairan” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.