Masjid Al-Barkah

Tafsir Al-Quran

Orang Kafir Pasti Kalah – Tafsir Surah Ali Imran 12

By  |  pukul 1:58 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 19 September 2023 pukul 8:39 pm

Tautan: https://rodja.id/562

Orang Kafir Pasti Kalah – Tafsir Surah Ali Imran 12 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan Rodja TV pada Selasa, 26 Safar 1445 H / 12 September 2023 M.

Download kajian sebelumnya: Tidak Bermanfaat Harta dan Anak-Anak Orang Kafir – Tafsir Surah Ali Imran 10

Orang Kafir Pasti Kalah – Tafsir Surah Ali Imran 12

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُل لِّلَّذِينَ كَفَرُوا سَتُغْلَبُونَ وَتُحْشَرُونَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ ۚ وَبِئْسَ الْمِهَادُ ‎﴿١٢﴾

“Katakanlah (Hai Muhammad) kepada orang-orang yang kafir itu: ‘Kalian pasti akan kalah dan pasti akan dikumpulkan ke dalam neraka Jahannam. Dan itu merupakan seburuk-buruk tempat tinggal.'” (QS. Ali ‘Imran[3]: 12)

Dari ayat ini kita ambil faedah, kata Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin Rahimahullahu Ta’ala:

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah hamba

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah hamba yang diperintahkan oleh Allah. Karena Allah berfirman pada ayat ini: “Katakanlah…” Maka beliau adalah hamba yang tidak boleh diibadahi, dan beliau adalah Rasul yang tidak boleh didustakan.

Pentingnya kabar ini

Allah menyuruh nabiNya untuk menyampaikan ini kepada orang kafir. Bahwa orang kafir itu pasti akan kalah dan akan dikumpulkan ke neraka Jahannam.

Kekuatan untuk orang-orang yang beriman

Ini memberikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman. Dimana ketika kita mendengar Allah mengatakan, “Kalian, hai orang-orang kafir, pasti akan kalah. Walaupun di awal-awal menang, kalian tetap akan kalah di dunia ini, dan di akhirat pun kalian tidak mungkin mendapatkan akibat yang baik. Sebab di akhirat kalian akan dikumpulkan kedalam neraka.”

Baca Juga:
Jangan Zalim Sekalipun Kepada Musuh

Makanya Subhanallah, saudaraku, ini kabar bergembira juga buat kita. Kita melihat orang kafir di zaman ini dengan kehebatan dan kecanggihan mereka, tetap pasti suatu ketika akan kalah.

Menakut-nakuti orang-orang kafir

Ayat ini dalam rangka menakut-nakuti orang-orang kafir dan mentahdzir mereka. Bahwasanya orang-orang kafir itu pasti akan kalah.

Dua sanksi untuk orang kafir

Allah mengumpulkan dua sanksi untuk orang kafir; yaitu sanksi di dunia, dan sanksi di akhirat.

Adapun sanksi di dunia itu firman Allah Ta’ala: “Kalian pasti kalah.” Walaupun orang-orang kafir menginfakkan harta yang sangat banyak untuk memerangi kaum muslimin, untuk memadamkan cahaya Allah, tidak akan bisa berhasil. Allah berfirman juga:

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ فَسَيُنْفِقُونَهَا ثُمَّ تَكُونُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُونَ ۗ وَالَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ جَهَنَّمَ يُحْشَرُونَ

“Sesungguhnya orang-orang kafir itu menginfakkan harta-harta mereka untuk menghalang-halangi manusia dari jalan Allah. Dan mereka kelak akan menginfakkan harta tersebut, kemudian akan menjadi penyesalan buat mereka, kemudian mereka akan dikalahkan. Dan orang-orang kafir itu di dalam neraka jahanam akan dikumpulkan.” (QS. Al-Anfal[8]: 36)

Subhanallah, ini janji Allah yang pasti akan terbukti.

Adapun sanksi di akhirat, ini lebih mengerikan lagi. Allah berfirman: “Dan kalian akan dikumpulkan dalam neraka jahanam.”

Subhanallah.. Berbeda dengan orang yang beriman, orang yang beriman diberikan oleh Allah dua pahala; pahala di dunia dan pahala di akhirat. Pahala di dunia, Allah berikan kepada mereka kemenangan dengan hujjah, kalaupun mereka kalah itu sebagai kaffarah (penggugur dosa-dosa). Kalaupun mereka diberikan musibah, hakikatnya musibah itu hanya sebagai tempaan untuk orang yang beriman, agar mereka lebih kuat imannya, lebih kuat tawakalnya, dan Allah ingin ampuni dosa-dosanya dan angkat derajatnya.

Baca Juga:
Khutbah Jumat Tentang Ilmu: Bahaya Berkata Agama Tanpa Ilmu

Makanya orang beriman itu ketika diberikan kenikmatan, maka dia bersyukur. Ketika dia diberikan kesulitan, maka dia bersabar. Di akhirat, diberikan oleh Allah kemenangan yang luar biasa, yaitu dimasukkan ke dalam surga.

Kabar gembira untuk kaum muslimin

Kabar gembira untuk kita di zaman ini. Bahwa kalau kita jujur dalam keimanan kepada Allah, pasti orang kafir itu kalah. Orang kafir akan kalah kalau orang beriman Islamnya bagus, aqidahnya bagus. Adapun jika orang beriman berbuat maksiat, berbuat syirik, maka orang kafir menang.

Seperti halnya di Perang Uhud. Orang musyrikin menang karena kesalahan kaum mukminin. Dan itu Allah abadikan untuk dijadikan sebagai pelajaran. Di perang Hunain, kaum muslimin di putaran pertama kalah. Kesalahan mereka adalah tertipu dengan jumlah yang banyak sehingga merasa ujub. Ketika mereka taubat kepada Allah, Allah menangkan.

Makanya orang kafir akan berusaha, bagaimana caranya orang Islam itu jauh dari Islam. Karena mereka tahu kalau orang Islam berpegang kepada Islam yang benar, disitulah umat Islam akan menang. Dan yang menang adalah yang Allah firmankan dalam surah Al-Mujadilah ayat 21:

كَتَبَ اللَّهُ لَأَغْلِبَنَّ أَنَا وَرُسُلِي ۚ إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

“Allah telah menuliskan: ‘Aku pasti menang, dan demikian pula para RasulKu.’ Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (QS. Al-Mujadilah[58]: 21)

Faedah apa saja yang terkandung dalam surah Ali Imran ayat 12 ini? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Baca Juga:
Bab Keluar Untuk Menuntut Ilmu - Kajian Shahih Bukhari

Download MP3 Kajian Orang Kafir Pasti Kalah – Tafsir Surah Ali Imran 12

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian “Orang Kafir Pasti Kalah – Tafsir Surah Ali Imran 12” ini ke facebook, twitter dan yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.