Masjid Al-Barkah

Riyadhus Shalihin

Bab Karamah dan Keutamaan Para Wali

By  |  pukul 7:07 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 26 September 2023 pukul 7:17 am

Tautan: https://rodja.id/56b

Bab Karamah dan Keutamaan Para Wali adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 3 Rabi’ul Awal 1445 H / 19 September 2023 M.

Kajian sebelumnya: Arti dan Makna Jazakallahu Khairan

Bab Karamah dan Keutamaan Para Wali

Bab yang baru membahas tentang Karamah (keramat) dan Keutamaan Para Wali. Secara bahasa, “al-karamah” mengandung makna kemuliaan atau kedermawanan. Orang yang disebut “Karim” adalah orang yang dermawan dan mulia.

Definisi Karamah menurut ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah sebuah perkara yang di luar kebiasaan dan tidak ada hubungannya dengan dakwaan nabi, dan juga merupakan mukaddimah dari kenabian. Karamah ini tampak pada seorang yang shalih, senantiasa mengikuti nabi, dia dibebankan untuk mengikuti syariat nabi tersebut, senantiasa mengikuti keyakinan yang benar dan amal yang shalih. Apakah dia tahu apakah itu karamah atau tidak, tapi inti dari karamah adalah sesuatu yang diluar kebiasaan.

Hal-hal yang luar biasa ini ada tiga jenis; mukjizat tampak pada para nabi, karamah kepada para wali, dan ada juga hal-hal luar biasa yang tampak pada tukang sihir atau dukun atas bantuan setan. Orang yang berilmu akan bisa membedakannya. Maka disinilah pentingnya ilmu. Sehingga tatkala melihat ada hal-hal yang luar biasa dilakukan oleh seseorang, kita tidak mudah menganggap itu bahwa itu adalah karamah.

Siapakah wali-wali Allah?

Wali-wali Allah adalah orang yang betul-betul mengetahui tentang Allah, mengamalkan ketaatan kepada Allah, terus-menerus beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, selalu menjauhi perbuatan-perbuatan maksiat, tidak menyibukkan dengan hal-hal yang bersifat kelezatan dan syahwat duniawi. Seorang wali memiliki aqidah yang benar, beriman kepada Allah dan RasulNya, dan beriman kepada apa-apa yang menjadi kewajiban baginya dalam hal-hal yang berkaitan dengan aqidah.

Disebutkan dalam Al-Qur’an tentang siapa sebenarnya wali, yaitu:

أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ ‎﴿٦٢﴾‏ الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ ‎﴿٦٣﴾

“Ketahuilah, bahwasanya para wali-wali Allah itu tidak ada rasa takut pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. Para wali itu adalah orang-orang yang mereka beriman dan bertakwa kepada Allah Ta’ala.” (QS. Yunus[10]: 62-63)

Di antara sifat para wali-wali Allah. Mereka tidak khawatir dan takut. Hal ini karena mereka yakin dan beriman kepada Allah Ta’ala. Ini yang harus dipahami oleh kaum muslimin. Jangan sampai tertipu oleh orang-orang yang mengaku dirinya wali atau mendakwakan orang lain sebagai wali padahal dukun atau tukang sihir.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Bab Karamah dan Keutamaan Para Wali” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.