Masjid Al-Barkah

Mukhtashar Shahih Muslim

Pembangunan Masjid Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

By  |  pukul 3:47 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 31 Oktober 2023 pukul 3:50 pm

Tautan: https://rodja.id/57m

Pembangunan Masjid Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Mukhtashar Shahih Muslim yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Ahad, 14 Rabi’ul Akhir 1445 H / 29 Oktober 2023 M.

Kajian Hadits Tentang Pembangunan Masjid Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

عن أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ﵁ قال: إِنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَنَزَلَ في عُلْوِ الْمَدِينَةِ في حَيٍّ يُقَالُ لَهُمْ بَنُو عَمْرِو بْنِ عَوْفٍ فَأَقَامَ فِيهِمْ أَرْبَعَ عَشْرَةَ لَيْلَةً ثُمَّ إِنَّهُ أَرْسَلَ إِلَى مَلَإِ بَنِي النَّجَّارِ فَجَاءُوا مُتَقَلِّدِينَ بِسُيُوفِهِمْ قَالَ فَكَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ عَلَى رَاحِلَتِهِ وَأَبُو بَكْرٍ رِدْفُهُ وَمَلَأُ بَنِي النَّجَّارِ حَوْلَهُ حَتَّى أَلْقَى بِفِنَاءِ أَبِي أَيُّوبَ قَالَ فَكَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُصَلِّي حَيْثُ أَدْرَكَتْهُ الصَّلَاةُ وَيُصَلِّي في مَرَابِضِ الْغَنَمِ ثُمَّ إِنَّهُ أَمَرَ بِالْمَسْجِدِ قَالَ فَأَرْسَلَ إِلَى مَلَإِ بَنِي النَّجَّارِ فَجَاءُوا فَقَالَ يَا بَنِي النَّجَّارِ ثَامِنُونِي بِحَائِطِكُمْ هَذَا قَالُوا لَا وَاللهِ لَا نَطْلُبُ ثَمَنَهُ إِلَّا إِلَى اللهِ قَالَ أَنَسٌ فَكَانَ فِيهِ مَا أَقُولُ كَانَ فِيهِ نَخْلٌ وَقُبُورُ الْمُشْرِكِينَ وَخِرَبٌ فَأَمَرَ رَسُولُ اللهِ ﷺ بِالنَّخْلِ فَقُطِعَ وَبِقُبُورِ الْمُشْرِكِينَ فَنُبِشَتْ وَبِالْخِرَبِ فَسُوِّيَتْ قَالَ فَصَفُّوا النَّخْلَ قِبْلَةً وجَعَلُوا عِضَادَتَيْهِ حِجَارَةً قَالَ فَكَانُوا يَرْتَجِزُونَ وَرَسُولُ اللهِ ﷺ مَعَهُمْ وَهُمْ يَقُولُونَ اللهُمَّ لَا خَيْرَ إِلَّا خَيْرُ الْآخِرَهْ فَانْصُرْ الْأَنْصَارَ وَالْمُهَاجِرَهْ.

Dari Anas bin Malik -semoga Allah meridhainya- ia berkata: “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam datang ke Kota Madinah, kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pun singgah di dataran tinggi kota Madinah, di sebuah perkampungan yang bernama Banu ‘Amr bin ‘Auf (yang disebut dengan Quba’), lalu kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tinggal di situ selama 14 malam. Kemudian Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengutus seseorang kepada pembesar Banu Najjar. Maka datatanglah mereka dalam keadaan menghunuskan pedang-pedang mereka.”

Baca Juga:
Tafsir Ali Imran Ayat 36 - Ketika Ibundanya Maryam Melahirkan

Kata Anas: “Seakan aku melihat kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam di atas kendaraannya dan Abu Bakar memboncengnya di belakang, dan para pembesar Banu Najjar berada di sekitar beliau, hingga beliau pun berhentilah di halaman rumah Abu Ayub Al-Anshari.”

Adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kebiasaannya beliau yaitu shalat saat telah tiba waktu shalat. Dan beliau juga shalat di kandang-kandang kambing. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan untuk membangun masjid. Lalu nabi kembali mengirim seseorang kepada pembesar Banu Najjar. Datanglah mereka.

Maka Rasulullah bersabda kepada Banu Najjar: “Wahai Banu Najjar, sebutkan berapa harga kebun kalian ini, aku ingin membelinya (untuk pembangunan masjid).” Maka mereka berkata: “Tidak demi Allah, kami tidak mau meminta harganya kecuali kepada Allah saja.”

Berkata Anas: “Dan di kebun itu sebagaimana aku telah mengatakannya, di sana ada pohon-pohon kurma, ada kuburan orang-orang musyrikin dan ada reruntuhan-reruntuhan bangunan. Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyuruh agar pohon-pohon kurma itu ditebang, dan agar kuburan orang-orang musyrikin ini digali dan dipindahkan, dan agar reruntuhan-reruntuhan bangunan itu diratakan, lalu kemudian batang-batang pohon kurma ini dijejerkan di bagian kiblat. Dan mereka menjadikan samping kanan kiri dan belakangnya bebatuan.”

Kata Anas selanjutnya: “Mereka melantunkan syair sedangkan Rasulullah bersama mereka, “Ya Allah! Tidak ada kebaikan melainkan kebaikan di akhirat. Karena itu tolonglah kaum Anshar dan kaum Muhajirin.”

Baca Juga:
Aku Ingin Berubah (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Mereka membangun masjid itu sambil bersyair, dan saat itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersama mereka, dan mereka berkata: ‘Ya Allah, tidak ada kebaikan kecuali kebaikan akhirat saja, maka belalah kaum Anshar dan kaum Muhaji rin.'” (HR. Muslim)

Pentingnya Pembangunan Masjid

Hadits ini menunjukkan bahwa ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam hijrah dari Makkah, maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam singgah dulu di Quba selama 14 malam lamanya. Kemudian setelah itu baru Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pindah ke kota Madinah, dan di sana yang pertama kali beliau bangun adalah masjid. Ini menunjukkan betapa pentingnya pembangunan masjid.

Dimana masjid itu sebagai center (pusat) dalam Islam. Nabi membangun masjid, dan dari masjid itulah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mendidik para sahabat dengan mengajarkan mereka ilmu. Di masjid itulah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mempersiapkan pasukan-pasukan. Di masjid itu pula Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melakukan berbagai macam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk kaum muslimin.

Tidak bolehnya shalat di kuburan

Hadits ini merupakan dalil tidak bolehnya shalat di kuburan. Karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika membeli kebun tadi, di situ ada kuburan orang-orang musyrikin. Maka kuburan itu kemudian digali lalu dipindahkan ke tempat yang lain. Berarti ini memberikan kepada kita faedah tidak bolehnya shalat di kuburan. Sebab kalau itu boleh, tentu Nabi tidak akan memindahkan kuburan tersebut.

Baca Juga:
Tiga Macam Kesabaran Ketika Puasa

Kita tidak boleh shalat di kuburan, walaupun itu kuburan orang-orang musyrikin, sebab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang untuk menjadikan kuburan sebagai masjid. Beliau bersabda dalam hadits:

لَعَنَ اللَّهُ الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ

“Semoga Allah melaknat orang Yahudi dan Nasrani, mereka mengambil kuburan nabi mereka sebagai masjid.”

Lihat: Hadits Larangan Menjadikan Kubur Sebagai Masjid

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajianPembangunan Masjid Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.