Masjid Al-Barkah

Ada Apa dengan Remaja

Kebutuhan Psikologi Remaja Yang Harus Dipenuhi

By  |  pukul 8:08 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 11 Desember 2023 pukul 7:45 am

Tautan: https://rodja.id/593

Kebutuhan Psikologi Remaja Yang Harus Dipenuhi merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 22 Jumadal Ula 1445 H / 5 Desember 2023 M.

Kajian Tentang Kebutuhan Psikologi Remaja Yang Harus Dipenuhi

Ada beberapa hal yang diperlukan oleh para remaja yang sangat berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan mereka. Antara lain, pendidikan agama (terutama aqidah dan akhlak), ketenangan, kedamaian, dan kestabilan jiwa, ini juga merupakan hal yang diperlukan oleh para remaja. Mereka perlu kenangan, kedamaian, serta kestabilan jiwa karena remaja cenderung labil.

Remaja juga membutuhkan kesempatan berekspresi dan mengembangkan potensi diri. Hal ini untuk mengoptimalkan kekuatan yang tersimpan pada remaja.

Selain itu, mereka juga membutuhkan cinta dan kasih sayang. Termasuk kekeliruan para orang tua adalah sebagian anak disayang ketika kecil, lalu ketika tumbuh remaja, dia dibiarkan dan diacuhkan. Kita perlu menyadari bahwa remaja juga membutuhkan cinta dan kasih sayang. Tentunya berbeda bentuk cinta dan kasih sayang yang kita berikan kepada seorang bocah dengan yang kita berikan kepada remaja. Cinta dan kasih sayang yang diberikan kepada remaja haruslah keluar dari hati, karena mereka sudah bisa merasakannya dan membedakan antara yang tulus dan mana yang pura-pura.

Kadang-kadang, orang tua cenderung memperlakukan anak atau bocah seperti mainan yang menggemaskan dan lucu. Kita pun merasa sayang dan mencintai bocah tersebut. Namun, terhadap remaja, kadang-kadang muncul perilaku yang membuat orang tua jengkel, sebel, dan marah. Sehingga untuk mencurahkan cinta dan kasih sayang, menjadi berkurang. Padahal, mungkin remaja tersebut membuat kita jengkel karena kurang memberikan cinta dan kasih sayang kepadanya. Oleh karena itu, jika semakin tidak diberikan cinta dan kasih sayang kepadanya, maka semakin menjengkelkan nantinya. Remaja bisa menyampaikan protes kepada orang tuanya bahwa mereka merasa ditelantarkan dan tidak dipedulikan lagi, karena orang tua lebih fokus pada ‘mainan’ barunya, yaitu anak-anak yang lebih kecil.

Baca Juga:
Sifat Wara' Menyelamatkan Akhirat Hamba

Selain itu, remaja juga membutuhkan pujian, motivasi, apresiasi, dan penghargaan yang tinggi. Kadang-kadang, hal ini luput dari perhatian orang tua. Remaja berusaha menunjukkan prestasinya, namun orang tua kadang merasa kurang berkenan. Apalagi orang tua yang suka membandingkan anaknya dengan anak orang lain. Ini biasanya pelit memberikan apresiasi, apalagi pujian. Padahal, remaja perlu pujian dan motivasi, serta apresiasi dari orang-orang dekatnya, terutama orang tua.

Di sinilah peran orang tua untuk memberikan motivasi. Hal ini agar mereka lebih bersemangat dan memiliki motivasi tinggi untuk meraih cita-cita. Remaja itu sudah di jalan menuju cita-citanya. Jika orang tua tidak menjadi sandaran bagi para remaja, mungkin dia merasa berjuang sendirian.

Maka jangan pelit memberikan pujian kepada remaja, dan juga jangan pelit memberikan apresiasi. Apresiasi bukan harus dalam bentuk materi, tapi bisa dalam bentuk verbal atau perhatian-perhatian yang ringan, ini untuk menunjukkan apresiasi kita kepadanya.

Remaja juga perlu dikenal oleh orang-orang di sekitarnya, perlu penerimaan, dan penghargaan dari mereka. Seringkali, ketika kumpul keluarga, merasa merasa disisihkan dengan tidak menjadi bahan pembicaraan, tidak dilibatkan, dibiarkan begitu saja.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Kebutuhan Psikologi Remaja Yang Harus Dipenuhi” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Mewujudkan Niat Ikhlas dalam Beribadah - Kitab Al-'Ubudiyah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.