Masjid Al-Barkah

Syarah 'Umdatul Fiqih

Syirkah

By  |  pukul 10:51 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 12 Februari 2024 pukul 4:05 pm

Tautan: https://rodja.id/5aa

Syirkah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. dalam pembahasan Syarah ‘Umdatul Fiqih. Kajian ini disampaikan pada Kamis, 7 Rajab 1445 H / 18 Januari 2024 M.

Kajian Islam Ilmiah Tentang Syirkah

Syirkah berarti menggabungkan harta dan kerja, kemudian hasilnya yang tergabung dibagi sesuai dengan kesepakatan, dan kerugian ditanggung oleh masing-masing pihak sesuai dengan porsi modal. Bila modal berupa uang dan harta hanya dari salah satu pihak, dalam contoh syirkah mudarabah, yang menanggung kerugian hanya pihak yang modalnya berbentuk harta. Adapun yang mengelola menanggung kerugian dalam bentuk jasa mengelolanya selama ini tidak mendapatkan imbalan harta apapun juga. Itu yang dinamakan dengan syirkah.

Ada aturan dalam agama Allah ‘Azza wa Jalla tentang syirkah ini. Bahkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersyirkah sebelum beliau diangkat menjadi nabi dengan bentuk mudarabah. Di mana ini sudah ada dalam kehidupan orang-orang Quraisy, mereka berdagang membawa harta modal dari pihak kedua. Seperti Rasulullah membawa harta Khadijah Radhiyallahu ‘Anha untuk dibeli barang di Makah, kemudian dijual di kota lain seperti Yaman pada musim panas, dan pada musim dingin mereka menjualnya ke Syam.

Setelah terjual, dapat untung, dibeli lagi barang di tempat negeri tersebut, dibawa ke Makah, dan dijual lagi di Makah. Setelah cair dan mendapatkan keuntungan dibagi antara yang mengelola, yaitu yang pergi membawa harta dagang, dengan pemilik hartanya. Dibagi sesuai dengan kesepakatan dari awal bila ada keuntungan.

Baca Juga:
Islam Itu Memelihara Darah

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

 كُنْتَ شَرِيكِي فِي الْجَاهِلِيَّةِ فَكُنْتَ خَيْرَ شَرِيكٍ لَا تُدَارِينِي وَلَا تُمَارِينِي

“Engkau adalah teman kerjasama dalam usaha di masa jahiliyyah, dan engkau adalah sebaik-baik teman yang tidak memperdayaiku dan mendebatku.” (HR. Muslim)

Setelah Islam datang, diperbaiki beberapa bentuk kekeliruan yang ada dalam transaksi-transaksi tersebut dan dijelaskan oleh para ulama. Maka itu yang dimaksud dengan syirkah, atau bahasa Indonesianya adalah kerjasama, atau sudah dikenal dengan Serikat Dagang.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari Download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link kajian “Syirkah” ini melalui jejaring sosial Facebook, Twitter dan yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.