Masjid Al-Barkah

Tematik

Pentingnya Aqidah Yang Benar dalam Meraih Kemenangan

By  |  pukul 5:22 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 23 Januari 2024 pukul 9:54 am

Tautan: https://rodja.id/5ac

Pentingnya Aqidah Yang Benar dalam Meraih Kemenangan adalah tabligh akbar yang disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Amir Ar-Ruhaili Hafidzahullah pada Ahad, 21 Januari 2024 M / 9 Rajab 1445 H.

Tabligh Akbar Tentang Pentingnya Aqidah Yang Benar dalam Meraih Kemenangan

Pada kajian ini dibahas tentang tiga poin penting, yaitu:

  1. Definisi aqidah shahih, apa saja referensi-referensinya dan apa saja pondasi-pondasi aqidah yang penting?
  2. Dalil-dalil tentang akan ditolongnya umat Islam ini oleh Allah Tabaraka wa Ta’ala apabila mereka berpegang teguh dengan menggenggam aqidah yang shahih.
  3. Apa sebenarnya pertolongan dari Allah tersebut dan apa saja cabang-cabangnya?

Definisi aqidah yang shahih

Aqidah secara makna bahasa berasal dari kalimat mengikat hati atas perkara-perkara yang sangat penting. Aqidah dinamakan demikian karena diambil dari kata “ikatan” yang merupakan sesuatu yang dikuatkan dengan perjanjian. Oleh karena itu akad-akad dinamakan akad karena merupakan suatu yang dikuatkan dengan perjanjian.

Aqidah shahihah adalah aqidah yang datang dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang disampaikan kepada umatnya. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberitahu bahwa umat ini akan terpecah belah menjadi 73 kelompok, semuanya di neraka kecuali satu. Ketika beliau ditanya tentang yang satu tersebut, beliau menjawab:

ما كان على مثل ما أنا عليه اليوم و أصحابي

Mereka adalah orang yang seperti aku dan para sahabatku hari ini berpegang teguh padanya.” (HR. Tirmidzi, Hakim, dan lain-lain.)

Baca Juga:
Pentingnya Perkara Ubudiyah dalam Islam - Kitab Al-'Ubudiyah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Maka aqidah yang shahihah adalah aqidah yang datang dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan sahabat-sahabatnya, sedangkan yang menyelisihinya adalah bid’ah-bid’ah yang dibuat oleh mereka yang melaksanakan aqidah baru tersebut, mereka pun terpecah menjadi 72 kelompok yang semuanya adalah kelompok bid’ah dan sesat.

Aqidah yang shahihah adalah aqidah yang ditinggalkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk umatnya, dan di atasnya adalah para sahabat, imam-imam ahlus sunnah dari zaman dahulu hingga sekarang.

Aqidah shahihah memiliki referensi dari Kitabullah (Al-Qur’an), Sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan ijma’. Tiga referensi ini adalah dasar aqidah yang benar dan tidak mungkin salah.

Aqidah yang benar berdiri di atas tiga pondasi penting: pertama, selamatnya aqidah shahihah dalam keyakinan tentang Allah Tabaraka wa Ta’ala; kedua, selamatnya aqidah dalam memahami agama Islam; dan ketiga, selamatnya aqidah dalam menerapkan hukum-hukum syar’i kepada hamba-hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalil-dalil Umat Islam Pasti Ditolong

Allah Tabaraka wa Ta’ala akan menurunkan pertolonganNya kepada umat ini, dan sesungguhnya ini adalah sesuatu yang nyata yang telah disebutkan di dalam dalil-dalil baik di dalam al-Qur’an dan di dalam sunnah Rasulillahi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman:

إِنَّا لَنَنْصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهَادُ

“Sesungguhnya Kami pasti akan menolong Rasul-Rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari di mana semua saksi menyampaikan saksinya.” (QS. Ghafir[40]: 51)

Baca Juga:
Husnudzan Kepada Sesama Muslim

Ini adalah firman dari Rabbul ‘Alamin, Allah Tabaraka wa Ta’ala, Pencipta langit dan bumi.

Allah mengatakan, “Sesungguhnya Kami benar-benar akan menolong Rasul-Rasul Kami,” Rasul yang telah datang membawa risalah kepada manusia dan menyampaikan agama ini kepada manusia dari Allah Tabaraka wa Ta’ala. Mereka adalah orang-orang yang pasti ditolong oleh Allah Tabaraka wa Ta’ala.

Di dalam Al-Qur’anul Karim, Allah banyak sekali mengkisahkan kepada kita kisah-kisah bagaimana cara Allah Tabaraka wa Ta’ala menolong Rasul-RasulNya dari musuh-musuhnya, dan bagaimana kemudian akibat yang baik dan keuntungan di ujung adalah milik Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Kemudian, bersamaan dengan pertolongan Allah kepada RasulNya, Allah pun menyertakan bahwa Allah menolong orang-orang yang beriman. Maksudnya, menolong orang yang beriman adalah orang yang beriman kepada Rasul-Rasul tersebut, dan mereka adalah orang-orang yang memiliki aqidah yang shahihah, aqidah yang benar. Mereka istiqamah di atas agama Allah, di atas apa yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan selamat aqidah mereka dari perbuatan-perbuatan bid’ah.

Sesungguhnya, di dalam ayat tadi Allah Tabaraka wa Ta’ala mengatakan bahwa Allah menolong mereka dalam kehidupan dunia dan pada hari di mana saksi-saksi telah menegakkan saksinya, dan persaksian itu maksudnya adalah hari kiamat. Maka, di dalam ayat ini, pertolongan Allah adalah yang Allah janjikan di dunia dan Allah janjikan juga pada hari kiamat.

Baca Juga:
Ancaman Dari Meninggalkan Sunnah dan Melakukan Bid'ah

Di dunia, Allah Ta’ala akan menolong para nabi dan orang-orang yang beriman kepada para nabi dengan memenangkan mereka dari musuh-musuh mereka. Dan pada hari kiamat, Allah Tabaraka wa Ta’ala juga akan menolong para nabi tersebut dan orang-orang yang beriman disaat manusia bertengkar. Dan dalam pertengkaran itu, Allah Tabaraka wa Ta’ala akan menolong orang-orang yang beriman.

Hakikat Pertolongan Allah

Sesungguhnya pertolongan ini tidak serta-merta seperti yang dipahami dan diprasangkakan oleh kebanyakan orang, yaitu pertolongan itu hanya dalam pertempuran dan peperangan. Tidak seperti itu. Sesungguhnya, pertolongan Allah Tabaraka wa Ta’ala kepada umat yang berpegang teguh kepada aqidah yang shahihah itu terbagi dua: pertama, pertolongan dengan pedang dalam peperangan dan dalam alat-alat perang. Kedua, pertolongan di dalam hujah, kuatnya argumentasi, dan kuatnya dalil. Ini adalah pertolongan Allah Tabaraka wa Ta’ala, Rabbul ‘Izzati wal Jalalah.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Dengarkan dan Download Kajian Tabligh Akbar Tentang Pentingnya Aqidah Yang Benar dalam Meraih Kemenangan

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download tabligh akbar ini ke media sosial Antum. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Antum semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.