Masjid Al-Barkah

Al-Bayan Min Qashashil Qur'an

Kisah Nabi Shalih ‘Alaihissalam

By  |  pukul 11:34 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 02 Mei 2024 pukul 11:38 am

Tautan: https://rodja.id/5ct

Kisah Nabi Shalih ‘Alaihissalam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Bayan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 20 Syawal 1445 H / 29 April 2024 M.

Kajian sebelumnya: Taubat dan Istighfar Sebab Kebahagiaan Hamba di Dunia dan Akhirat

Kajian Tentang Kisah Nabi Shalih ‘Alaihissalam

Nabi Shalih ‘Alaihissalam merupakan seorang rasul yang Allah utus ke kabilah Tsamud. Dalilnya Al-Qur’anul Karim Surah Asy-Syuara,

كَذَّبَتْ ثَمُودُ الْمُرْسَلِينَ ‎﴿١٤١﴾‏ إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ صَالِحٌ أَلَا تَتَّقُونَ ‎﴿١٤٢﴾‏ إِنِّي لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ ‎﴿١٤٣﴾‏ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ ‎﴿١٤٤﴾‏ وَمَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ ۖ إِنْ أَجْرِيَ إِلَّا عَلَىٰ رَبِّ الْعَالَمِينَ ‎﴿١٤٥﴾

“Kaum Tsamud telah mendustakan para rasul. Ketika saudara mereka, Shalih, berkata kepada mereka: ‘Tidakkah kalian bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang rasul yang terpercaya (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas dakwah ini, upahku tidak lain hanyalah dari Rabb semesta alam.'” (QS. Asy-Syu’ara'[26]: 141-145)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman,

كَذَّبَتْ ثَمُودُ بِطَغْوَاهَا ‎﴿١١﴾‏ إِذِ انبَعَثَ أَشْقَاهَا ‎﴿١٢﴾‏ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ نَاقَةَ اللَّهِ وَسُقْيَاهَا ‎﴿١٣﴾‏

“(Kaum) Tsamud telah mendustakan (rasulnya) karena mereka melampaui batas, ketika orang yang paling celaka di antara mereka itu bangkit, lalu Rasul Allah (Shalih) berkata kepada mereka: (‘Biarkanlah) unta betina Allah ini dan minumannya’.” (QS. Asy-Syams[91]: 11-13)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman,

قَالَ الْمَلَأُ الَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا مِنْ قَوْمِهِ لِلَّذِينَ اسْتُضْعِفُوا لِمَنْ آمَنَ مِنْهُمْ أَتَعْلَمُونَ أَنَّ صَالِحًا مُرْسَلٌ مِنْ رَبِّهِ ۚ قَالُوا إِنَّا بِمَا أُرْسِلَ بِهِ مُؤْمِنُونَ

“Berkata pemuka-pemuka orang yang sombong dari kaumnya itu kepada orang-orang yang dianggap lemah yang dari orang-orang yang beriman kepada Nabi Shalih: ‘Apakah kamu mengetahui bahwa Shaleh itu utusan dari Rabbnya?’. Mereka menjawab: ‘Sesungguhnya kami beriman kepada wahyu, yang Shaleh diutus untuk menyampaikannya’.” (QS. Al-A’raf[7]: 75)

Kabilah Tsamud adalah kaum Nabi Shalih yang Allah utus di tengah-tengah mereka. Dan kaum Tsamud ini masuk dalam kelompok Arab al-‘Aribah (Arab asli). Ini adalah kaum yang sejak dulu berbicara dengan bahasa Arab.

Kabilah Tsamud ini tinggal di daerah Hijr (antara Hijaz dan Tabuk). Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah ketika mau Perang Tabuk lewat daerah ini.

Ibnu Umar menceritakan ketika tahun peperangan Tabuk, Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah singgah di daerah Hijr bersama para sahabat rasul kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Kemudian para sahabat mengambil air dari sumur-sumur yang dulu kaum Tsamud minum darinya. Kemudian mereka membuat adonan dan memasukkan daging-daging di pancinya. Ketika Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tahu, beliau memerintahkan para sahabat untuk menumpahkan panci-panci tersebut dan memberikan adonannya untuk unta. Kemudian Rasul Sallahu ‘alaihi wa sallam bergegas pergi bersama para sahabat dari tempat tersebut sampai singgah di sumur yang dahulu tempat minumnya unta betinanya Nabi Shalih. Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang para sahabat untuk memasuki tempat dimana suatu kaum pernah diazab. Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata,

إِنِّي أَخْشَى أَنْ يُصِيبَكُمْ مِثْلُ مَا أَصَابَهُمْ، فَلَا تَدْخُلُوا عَلَيْهِمْ

“Sesungguhnya aku khawatir akan menimpa kepada kalian seperti apa yang pernah ditimpa oleh kaum sebelum kalian. Janganlah masuk ke mereka itu.”

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Kisah Nabi Shalih ‘Alaihissalam” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.