Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Bab Keutamaan Doa – Bagian ke-3 – Bab 250 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama tentang kajian kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Alhamdulillah kita bisa melanjutkan kembali pengajian kitab Riyadhush Shalihin yang dikaji oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah. Kajian ini merupakan hasil rekaman yang disiarkan secara live pada Senin sore, 6 Jumadats Tsani 1435 / 7 April 2014 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada pembahasan yang lalu, beliau telah membahas Bab 250 Bagian ke-2, dan pada pembahasan kali ini beliau melanjutkan pada Bab 250, tentang Bab Keutamaan Do’a (Bagian ke-3).

NB: Mohon maaf, Tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.

Program Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin - Syaikh Prof. DR 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-'Abbad Al-Badr di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:
Baca Juga:
Serba-serbi Hadits Indah Pilihan - Bagian ke-10 - Hadits tentang Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Isma'il serta Hadits tentang Air Cendawan - Bab 370 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Ahad sore dan Senin sore, pukul 17:00-17:55 WIB



Status program Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin: SELESAI

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Doa-doa (كتَاب الدَعَوات)

Bab ke-250: Bab Keutamaan Doa (باب فضل الدعاء) – Bagian ke-3

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seringkali berdoa:

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وإلَيْكَ أنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وإلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنتَ المُقَدِّمُ، وأَنْتَ المُؤَخِّرُ، لا إلهَ إِلاَّ أنْتَ

“Ya Allah, kepadaMu aku berserah diri, kepadaMu aku beriman, kepadaMu pula aku bertawakal, kepadaMu aku kembali, dan kerenaMu aku melawan (musuh-musuhMu), kepadaMu aku menyerahkan keputusanku. Maka ampunilah untukku dosa yang telah lalu dan yang mendatang, yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, Engkaulah yang memajukan dan Engkau pula yang mengundurkan. Tiada ilah yang berhak disembah selain Engkau.”
Sebagian perawi menambahkan:

وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللهِ. متفق عَلَيْهِ

“Tiada daya dan upaya kecuali degan pertolongan Allah.” (Muttafaqun ‘Alaihi)
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berdoa dengan kalimat-kalimat ini, yaitu:

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ النَّارِ، وَعَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ شَرِّ الغِنَى وَالفَقْرِ. رواه أَبُو داود والترمذي

“Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari fitnah api neraka, dari siksa api neraka, serta dari kejelekkan kekayaan dan kemiskinan.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Baca Juga:
Hak Rumah - Bagian ke-1 - Tabshiratul Anam (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Dari Ziyad bin ‘Ilaqah, dari pamannya, yaitu Quthbah bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengucapkan:

اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأخْلاَقِ، وَالأعْمَالِ، والأهْواءِ. رواه الترمذي

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari semua akhlak, perbuatan, dan keinginan yang munkar (tercela).” (HR At-Tirmidzi)

Simak kajian selengkapnya dengan mendownload ceramah agama ini yang merupakan pembahasan dari kitab Riyadhush Sholihin, Bab Keutamaan Doa (Bagian ke-3) oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab 250 – Bab Keutamaan Doa (Bagian ke-3)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. Al Hidayat

    Jumat, 14 Ramadhan 1438 / 09 Juni 2017 at 13:49

    The requested URL was not found on this server.

    Please check the URL or contact the webmaster.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.