Buah dari Beriman kepada Qadha dan Qadar – Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:10 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 24 Jumadil akhir 1435 / 24 April 2014 pukul 9:47 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5757

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Rekaman kajian ini merupakan kelanjutan dari kajian sebelumnya yang berjudul Beriman kepada Qadha dan Qadar. Dan pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam, Lc. melanjutkan kepada pembahasan Buah dari Beriman kepada Qadha dan Qadar, dan pembahasan ini masih diambil dari kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad. Kajian ini merupakan hasil rekaman pada Rabu pagi, 15 Jumadats Tsani 1435 / 16 April 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Program Kajian Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I'tiqad - Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Rabu pagi, 05:30-07:00 WIB



Status program Kajian Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I'tiqad: SELESAI
Dilanjutkan kepada pembahasan kitab Fiqhul Akhlaq.

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad Ini: Buah dari Beriman kepada Qadha dan Qadar (ثمرات الإيمان بالقضاء والقدر)

Di antara buah yang paling besar dari beriman kepada takdir yaitu lurusnya keimanan sesorang dengan kesempurnaan rukun-rukunnya. Karena beriman kepada itu semua, tidak akan bisa terealisasi kecuali dengan beriman kepada qadha dan qadar. Hal ini sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Di antara buah dari beriman kepada qadha dan qadar yaitu berupa ketenangan di dalam hati. Hati seseorang yang beriman kepada qadha dan qadar akan senantiasa tenang dan tidak akan merasa gelisah dan gundah tatkala dirinya ditimpa suatu cobaan. Karena seorang hamba ketia ia yakin bahwa segala sesuatu telah ditakdirkan oleh Allah. Dan dia akan senantiasa mengingat sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَاعْلَمْ أَنَّ مَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ، وَمَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيبَكَ

“Ketahuilah bahwasanya sesuatu yang telah Allah takdirkan akan menimpamu, maka hal itu tidak akan meleset darimu. Dan sesuatu yang telah Allah takdirkan tidak akan menimpamu, maka hal itu tidak akan menimpamu.”

Maka pada waktu itu hatinya akan merasa tenang, karena segala sesuatunya sudah ditentukan oleh Allah. Berbeda dengan orang yang tidak beriman kepada takdir, maka ia akan senantiasa merasa gelisah dan gundah tatkala ditimpa suatu cobaan dan musibah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِّن قَبْلِ أَن نَّبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ (٢٢) لِكَيْلَا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (٢٣)

“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS Al-Hadid [57]: 22-23)

Apa saja Buah dari Beriman kepada Qadha dan Qadar yang lainnya?

Simak penejelasan selanjutnya dengan cara download ceramah agama ini, yang merupakan pembahasan dari kitab Al-Irsyaad ila Shahiih Al-I’tiqaad dan disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Radio Rodja dan RodjaTV.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Buah dari Beriman kepada Qadha dan Qadar

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

6 Comments

  1. iswahyudi

    Senin, 24 Muharram 1436 / 17 November 2014 at 11:22

    Assalamu’alaikum,
    Ijin download kajian dari dari Radio Rodja baik yang berupa text, audio dan vvideo. Barokallahu fikum

  2. abu shoffa

    Senin, 21 Jumadil akhir 1435 / 21 April 2014 at 07:38

    Assalaamualaikum Bang Admin, masalah beriman kepada qodho dan qadar ini merupakan salah satu cabang keimanan yang paling banyak dibingungkan oleh orang awam seperti saya ini.

    Mohon diperbanyak kajian mengenai cabang keimananan yang satu ini secara terperinci sehingga pemahaman org awam seperti ana bisa lurus sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Rasulullah Muhammad sallallahu alaihi wasalaam.

    • Radio Rodja

      Senin, 21 Jumadil akhir 1435 / 21 April 2014 at 09:11

      Wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh.
      Apa yang Bapak / Saudara sampaikan adalah usul yang sangat baik dan insyaAllah kami terima. Silakan ikuti terus program-program di Radio / TV Rodja, dan ikuti pula update kajian yang bisa diunduh di RadioRodja.com.

      Semoga Allah Ta’ala memberikan taufiq kepada Bapak / Saudara, juga kepada kami, Aamiin.

      Barokallahu fikum.
      Jazakumullahu khoiron.

  3. husin

    Jumat, 18 Jumadil akhir 1435 / 18 April 2014 at 04:10

    Ass wrwb ustadz, izin download kajiannya ya, trimakasih banyak

  4. oktoreno

    Kamis, 17 Jumadil akhir 1435 / 17 April 2014 at 22:21

    Terima kasih atas radio rodja yg telah banyak memberikan saya ilmu agama dan semakin menyadarkan saya tentang tujuan kehidupan ini untuk memakmurkan bumi dengan amalan2 shaleh.terima kasih radio rodja spesial pa ustad abu yahya semoga Allah SWT merahmati anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00