Masjid Al-Barkah

Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim

Akad-akad Investasi: Syirkah / Berserikat – Bagian ke-1 (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 6:10 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 17 April 2014 pukul 7:47 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5807

Kajian fiqih kontemporer oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Rekaman kajian fiqih bersama Ustadz Erwandi Tarmizi yang disiarkan oleh Radio Rodja dan TV Rodja ini adalah yang live pada Senin ba’da Maghrib, 16 Jumadal Ula 1435 / 17 Maret 2014. Pembahasan kali ini adalah tentang “Syirkah / Berserikat (Bagian ke-1)“, yang diambil dari kitab Ma La Yas’ut Tajiro Jahluh. Sebuah pembahasan yang sangat menarik dan bermanfaat bagi para pengusaha / pedagang Muslim, insyaAllah.

[sc:status-hal-yang-penting-diketahui-setiap-pengusaha-muslim-ustadz-erwandi-tarmizi-2014]

Ringkasan Kajian Fiqih Kontemporer dari Kitab “Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim”: Akad-akad Investasi (العقود للاستثمار)

Syirkah / Berserikat (شركة) – Bagian ke-1

Kembali kita melanjutkan pembahasan dari kitab Ma La Yas’ut Tajira Jahluh (ما لا يسع التاجر جهله), yaitu yang berarti kitab “Hal-hal yang Penting Diketahui setiap Para Pengusaha / Pedagang“. Yang sebelumnya, telah kita jelaskan jual-beli yang dilarang oleh syariat, dan telah selesai kita membahasnya. Kemudian al-mu’allif menjelaskan beberapa bentuk “العقود للاستثمار“, yaitu akad-akad investasi atau akad-akad mengembangkan harta.

Ada beberapa bentuk akad yang bisa digunakan sebagai istitsmar, yaitu untuk mengembangkan atau menginvestasikan harta, ada banyak jenis akad. Di antaranya: asy-syirkah, al-mudhorobah, al-musaqoh, al-muzaro’ah, dan al-bai’, maka akan kita bahas pada pertemuan ini tentang syarikah, atau dalam bahasa Indonesia adalah berserikat.

Baca Juga:
Harta Haram Muamalat Kontemporer: Hutang Akibat Terjadi Hiper-inflasi (Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.)

Berserikat / bersyirkah secara garis besar, artinya bila dua orang atau lebih berserikat / bergabung untuk membuat sebuah usaha. Syirkah ini secara garis besar dibagi 2: syirkah amlak (شركة الملاك) dan syirkah ‘uqud (شركة العقود). Syirkah amlak adalah berserikat dalam kepemilikan. Dan syirkah uqud adalah berserikat dalam membuat akad dengan menggabungkan harta, menggabungkan kerja, atau menggabungkan keduanya, atau juga menggabungkan tanggung jawab ke pihak yang lain.

Mari kita simak lebih lanjut pembahasan fiqih mu’amalah bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi dari pembahasan kitab Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim, silakan download kajiannya sekarang juga.

Download Kajian Fiqih Kontemporer: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi – Akad-akad Investasi: Syirkah / Berserikat (Bagian ke-1)

Mari kita share kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Jazakumullahu khoiron.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.