Rodja Peduli

Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah – Bagian ke-2 (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 27 Mei 2014 pukul 3:19 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5867

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

Alhamdulillah, dapat kita simak kembali lanjutan pembahasan tentang dosa ghibah, yang sebelumnya telah disampaikan pada kajian dua pekan yang lalu. Rekaman pengajian ini adalah yang disiarkan live oleh Radio Rodja dan TV Rodja dari Masjid Al-Barkah, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor pada Sabtu ba’da Maghrib, 19 Jumadats Tsani 1435 / 19 April 2014. Mari kita simak ceramah agama dari seri Adab dan Akhlak Seorang Muslim berjudulkan “Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-2)” ini.

NB: Mohon maaf, sesi tanya-jawab tidak terekam.

[sc:status-adab-dan-akhlak-seorang-muslim-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-2)

Di antara akhlak yang mulia yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan ditekankan oleh Nabi kita shallallahu ‘alaihi wasallam adalah menjaga lisan kita, sehingga kita tidak mengoyak kehormatan seorang Muslim, dan membela kehormatan seorang Muslim ketika kita melihat ia sedang di-ghibah-i, digunjing, atau dibicarakan oleh orang.

Nabi kita shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad:

Baca Juga:
Tentang Jiwa yang Baik - Bab 142 - Hadits 301-304 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

من ذب عن لحم أخيه بالمغيبة كان حقا على الله أن يعتقه من النار

“Barangsiapa yang membela kehormatan saudara ketika dia dibicarakan orang (dijelek-jelekkan ketika dia tidak ada), maka Allah akan bebaskan dia dari siksa api neraka.”

Oleh karena itu, bahaya laten dalam di dunia akhlak, pada saat kita bersosialisasi / berinteraksi dengan masyarakat adalah ghibah. Ghibah adalah membicarakan keburukan saudara kita ketika dia tidak ada.

Namun kita rasakan dan kita lihat di tengah-tengah masyarakat kita, penyakit yang satu ini tetap tumbuh subur di tengah-tengah umat. Penyakit satu ini memiliki daya tarik tersendiri, memiliki magnet yang mampu membuat lisan-lisan kita tanpa terasa membicarakan saudara kita, kelemahan dia dan aib-aibnya. Oleh karena itu, salah satu yang harus kita ketahui untuk mengobati penyakit ini adalah mengetahui keburukan / bahaya yang dapat menyerang kita pada saat kita bersikeras untuk meng-ghibah-i saudara kita.

Mari kita simak dan download pengajian Islam oleh Ustadz Muhamamd Nuzul Dzikry, Lc. dalam seri Adab dan Akhlak Seorang Muslim ini, dan mari kita resapi sekaligus amalkan kandungannya.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim: Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-2)

Mari kita share rekaman pengajian Islam ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga menjadi amal baik di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.