Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Meraih Kejayaan Islam dengan Ilmu dan Amal – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Khutbah Jumat ini adalah yang disampaikan di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, pada Jumat, 24 Jumadats Tsani 1435 / 25 April 2014. Dalam khutbah ini, Ustadz Badrusalam menyampaikan materi tentang pentingnya ilmu dan amal, dalam judulnya “Meraih Kejayaan Islam dengan Ilmu dan Amal“. Mari download khutbah Jumat yang singkat ini untuk dapat mengambil faedah yang banyak, insyaAllah.

Alamat Masjid Al-Barkah Cileungsi Bogor

Masjid Jami' Al-Barkah
Jl.Pahlawan, Kampung Tengah,
Belakang Polsek Cileungsi,
Cileungsi, BOGOR

Ringkasan Khutbah Jumat: Meraih Kejayaan Islam dengan Ilmu dan Amal

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus para Rasul seluruhnya dengan dua perkara, yaitu ilmu dan amal. Allah berfirman:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ … (الصف: ٩)

“Dia-lah yang mengutus RasulNya dengan membawa petunjuk (yaitu ilmu) dan agama yang benar (yaitu amal) agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama …” (QS Ash-Shaff [61]: 9)

Ini menunjukkan bahwasanya ilmu dan amal ketika itu berpadu, maka akan memberikan kemuliaan bahkan kejayaan terhadap umat Islam.

Baca Juga:
Masa Depan Dunia Ada di Tangan Islam - Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.)

Oleh karena itu, Allah menyuruh kita untuk meminta jalan yang lurus. Dan jalan yang lurus itu adalah ilmu dan amal. Allah berfirman:

اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ (٦) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ (٧)

“Tunjukilah kami jalan yang lurus,(6) (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai / dibenci dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.(7)” (QS Al-Fatihah [1]: 6-7)

Al-Imam At-Tirmidzi meriwayatkan dengan sanad yang hasan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menafsirkan siapa yang dibenci, kata Rasulullah, “Mereka orang-orang Yahudi,” dan siapa yang sesat, kata Rasulullah, “Mereka orang-orang Nasrani.”

Kenapa orang-orang Yahudi dibenci oleh Allah? Karena mereka berilmu tapi tidak beramal.
Kenapa orang-orang Nasrani sesat? Karena mereka beramal tanpa ilmu.

Maka Allah menyuruh kita minta kepada Allah jalan yang lurus, di mana jalan yang lurus itu adalah ilmu dan amal. Setiap kita wajib menuntut ilmu dan setiap kita wajib mengamalkan ilmu yang kita miliki. Ketika ilmu tidak dibarengi dengan amal, di saat itu ilmu akan pergi, bahkan ilmu menjadi bumerang untuk pelakunya. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

القُرآنُ حُجَّةٌ لكَ أَو عَليكَ

“Al-Qur’an menjadi hujjah yang akan menolong / membela kamu atau menjadi hujjah yang akan menjerumuskan kamu (ke dalam api neraka).”

Baca Juga:
Khutbah Jum'at: Kata Mutiara Semangat Dalam Hidup dan Kebaikan

Doa Minta Ilmu yang Bermanfaat

Oleh karena itulah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selalu memohon kepada Allah ilmu yang bermanfaat:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلا مُتَقَبَّلا

“Ya Allah, aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, dan rizqi yang baik, dan amalan yang diterima.”

Dan Rasulullah berdoa dan berlindung kepada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat.

Silakan download khutbah Jumat tentang pentingnya berilmu dan beramal yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam yang insyaAllah penuh manfaat ini.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc – Meraih Kejayaan Islam dengan Ilmu dan Amal

Mari kita barikan khutbah Jumat ini kepada saudara-saudara kita, baik file hasil downloadnya maupun tautan / link ini ke akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga bermanfaat bagi saudara-saudara kita, terutama kita sendiri sebagai ilmu dan amal shalih. Aamiin.

Telegram Rodja Official

3 Comments

  1. idham

    Rabu, _30 _April _2014 / 30 April 2014 at 14:54

    Assalamualaikum wrwb. Izin download kajiannya ustadz, trimakasih

  2. mutiara

    Jumat, _25 _April _2014 / 25 April 2014 at 19:20

    alhamdulillah, terimakasih radio rodja dan crew

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.