Telegram Rodja Official

Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah – Bagian ke-3 (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 27 Mei 2014 pukul 3:19 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6053

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman dari kajian lanjutan dengan pembahasan tentang dosa ghibah. Pada pertemuan sebelumnya, Ustadz Muhammad Nuzul telah menyampaikan tentang Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-2). Dan pada kajian kali ini, beliau akan menyapaikan pembahasan tentang “Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-3)“. Rekaman pengajian ini disiarkan live di Radio Rodja dan TV Rodja pada Sabtu ba’da Maghrib, 26 Jumadats Tsani 1435 / 26 April 2014. Semoga bermanfaat.

NB: Mohon maaf, sesi tanya-jawab tidak terekam.

[sc:status-adab-dan-akhlak-seorang-muslim-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-3)

Pada pertemuan kali ini, kita masih membahas tentang akhlak seorang muslim dalam rangka menjaga kehormatan saudaranya sesama muslim dari perbuatan ghibah. Akhlak mulia inilah yang diperintahkan dan dianjurkan oleh junjungan besar Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sabdanya:

من ذب عن لحم أخيه بالمغيبة كان حقا على الله أن يعتقه من النار

Baca Juga:
Tawadhu, Bukan Rendah Diri - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

“Barangsiapa yang membela kehormatan saudara ketika dia dibicarakan orang (dijelek-jelekkan ketika dia tidak ada), maka Allah akan bebaskan dia dari siksa api neraka.” (HR Ahmad)

Di antara faidah dari hadits ini adalah, kita harus katakan “TIDAK” kepada ghibah. Kita harus bungkam lisan kita, sehingga kita tidak membuka aib saudara kita. Kita juga harus tutup telinga kita dari mendengar kejelekkan dan aib saudara kita.

Tentu saja perkara ini (menjaga dari ghibah) tidaklah mudah. Terbukti bahwa kegiatan ghibah sangat digemari oleh masyarakat kita. Bahkan acara-acara ghibah menempati rating yang sangat tinggi dibeberapa stasiun televisi di negara kita. Salah satu cara yang tepat untuk menghindari ghibah adalah dengan mengetahui bahaya dosa ghibah. Dengan mengetahui bahaya ghibah, diharapkan kita mampu menjauhi dosa tersebut sejauh-jauhnya.

Apa saja bahaya dosa ghibah? Simak penjelasan selengkapnya, bersama Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, di dalam rekaman kajian ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim: Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-3)

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link pengajian agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain turut mendapatkan manfaatnya. Jazakumullahu Khairan

Baca Juga:
Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu'amalah - Bagian ke-3 - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 1 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.