Telegram Rodja Official

Al-Qaulul Mufiid

Bab Mempelajari Ilmu Perbintangan / Ilmu Nujum – Bagian ke-1 – Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

By  |  pukul 6:10 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 03 Mei 2014 pukul 6:37 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6189

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Pada pertemuan pengajian sebelumnya, alhamdulillah, telah kita selesaikan bab tentang tathayyur / thiyarah, yaitu merasa sial karena sesuatu. Dan pada pertemuan kali ini, yaitu pengajian yang live di Radio Rodja dan RodjaTV dari Masjid Al-Furqon Bandung pada Jumat sore, 24 Jumadats Tsani 1435 / 25 April 2014 adalah mengenai bab baru, yakni pembahasan tentang “Bab Mempelajari Ilmu Perbintangan / Ilmu Nujum (Bagian ke-1)“. Mari kita simak pelajaran aqidah dari kitab Qaulul Mufid (القول المفيد على كتاب التوحيد) yang sangat bermanfaat ini.

[sc:status-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-2013]

Ringkasan Pembahasan Kitab Al-Qaulul Mufid di Rekaman Ini

Bab Mempelajari Ilmu Perbintangan / Ilmu Nujum (باب ما جاء في التنجيم) – Bagian ke-1

Apa itu tanjim?
Tanjim (نجَّمَ ينجِّم تنجِيمًا “.

Makna dari tanjim adalah:

تعلم علم النجوم، أو اعتقد تأثير النجوم

“Mempelajari ilmu perbintangan (ilmu nujum atau meyakini pengaruh bintang (terhadap kejadian yang terjadi di muka bumi).” Atau meramalkan kejadian di muka bumi dengan memperhatikan keadaan bintang, seperti beredarnya bintang, cahaya bintang, berubahnya bintang, dan yang sejenisnya, lalu dianggap membawa pengaruh terhadap apa yang terjadi di muka bumi.

Baca Juga:
Allah tidak Ridha Dipersekutukan dengan Apapun - Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

وعلم النجوم ينقسم إلى قسمين:

Ilmu nujum ada 2 jenis:
Pertama, ilmu ta’tsir (علم التأثير). Kedua, ilmu taisir (علم التسيير).

فالأول: علم التأثير. وهذا ينقسم إلى ثلاثة أقسام:

Adapun yang dimaksud ilmu ta’tsir ada 3 macam.

أ: أن يعتقد أن هذه النجوم مؤثرة فاعلة، بمعنى أنها هي التي تخلق الحوادث والشرور; فهذا شرك أكبر; لأن من ادعى أن مع الله خالقا; فهو مشرك شركا أكبر; فهذا جعل المخلوق المسخر خالقا مُسَخِّرًا.

Pertama: Meyakini bahwa bintang memiliki pengaruh langsung terhadap apa yang terjadi di muka bumi. Dengan makna, bintanglah yang menciptakan musibah, kejadian, dan keburukan yang ada di muka bumi. Keyakinan seperti ini termasuk syirik besar, karena dia mengklaim ada pengatur lain selain Allah dalam kehidupan makhluk di muka bumi.

Dst.

Mari kita simak lanjutan penjelasan rinci untaian ilmu penuh manfaat dari kitab Al-Qaulul Mufid oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahullah ini dengan mendownloadnya sekarang juga.

Download Kajian Kitab Qaulul Mufid: Bab Mempelajari Ilmu Perbintangan / Ilmu Nujum (Bagian ke-1)

Ayo kita bagikan rekaman pengajian Islam ini kepada saudara Muslimin kita di Facebook, Twitter, dan Google+, dengan men-share tautan / link ini. Semoga menjadi amal yang bermanfaat dengan menyebarkan kebaikan ini, Aamiin.

3 Comments

  1. dwi

    Jumat, 21 November 2014 at 9:53 AM

    Assalamualaikum, ada hal yg ingin saya tanyakan mengenai pengetahuan kepribadian menurut zodiak, apakah menpercayai hal tsb menyimpang agama? Karena setelah mndpat bbrapa informasi mngenai kepribadian seseorang dilihat dari zodiak ada muncul rasa “mengiyakan” karena hampir semuanya benar. Tentunya hal ini berbeda dgn ramalan nasib. Mohon penjelasannya trimakasih

    • Radio Rodja

      Sabtu, 06 Desember 2014 at 1:07 PM

      Wa’alaikumsalam, hal tersebut termasuk yang dilarang dalam agama, silakan Anda dengarkan rekaman kajian di atas untuk lebih lengkapnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.