Telegram Rodja Official

Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim

Akad-akad Investasi: Murabahah / Jual Beli Keuntungan (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 18 Maret 2015 pukul 10:03 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6200

Kajian fiqih kontemporer oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian agama Islam dari seri pembahasan Hal-hal yang Penting Diketahui oleh Pengusaha Muslim bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. Kajian ini ditayangkan live di Radio Rodja dan RodjaTV pada Senin ba’da Maghrib, 28 Jumadats Tsani 1435 / 28 April 2014 dari Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja. Pembahasan ini diangkat dari kitab مالا يسع التاجر جهله. Pada pertemuan yang lalu telah disampaikan pembahasan terakhir mengenai Akad-akad Investasi: Syirkah / Berserikat (Bagian ke-4) dan pada pertemuan kali ini pemateri akan membahas tentang “Akad-akad Investasi: Murabahah / Jual Beli Keuntungan“.

[sc:status-hal-yang-penting-diketahui-setiap-pengusaha-muslim-ustadz-erwandi-tarmizi-2014]

Ringkasan Kajian Fiqih Kontemporer dari Kitab “Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim”: Akad-akad Investasi (العقود للاستثمار)

Murabahah / Jual Beli Keuntungan (مرابحة)

Salah satu akad-akad investasi yang penting untuk diketahui oleh seorang pedagang/pengusaha adalah akad murabahah. Kata murabahah merupakan bentuk mashdar dari رابح –يرابح – مرابحة yang berarti keuntungan.

Maka, yang dimaksud dengan jual beli murabahah berarti jual beli keuntungan. Jadi seorang pedagang menyebutkan pokok modal dari barang yang dijualnya, dan kemudian ia sepakat dengan pembeli dalam hal keuntungannya. Hukum asal jual beli murabahah adalah boleh, karena sudah ada hal ini sudah ada sejak zamannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

Baca Juga:
Menjual Buah-Buahan Sebelum Matang

وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (Al-Baqarah [2]: 257)

Bagaimana penjelasan tentang jual beli murabahah ini? Dan bagaimana menjadikan akad murabahah ini untuk mengembangakan harta kita? Silakan download kajian fiqih ekonomi Islam ini, dan simak penjelelasan dari Ustadz Erwandi Tarmidzi, M.A., mengenai permasalahan ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Kontemporer: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi – Akad-akad Investasi: Murabahah / Jual Beli Keuntungan

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 × = 40

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.