Masjid Al-Barkah

Tematik

5 Hal Penting di Akhirat (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 11:40 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 6:18 am

Tautan: https://rodja.id/4v1

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Alhamdulillah, bisa kita unduh kembali, ceramah agama oleh Ustadz Ahmad Zainuddin yang live di Radio Rodja dan RodjaTV pada Rabu pagi, 14 Rajab 1435 / 14 Mei 2014. Ceramah yang disampaikan berjudulkan “5 Hal Penting di Akhirat” dan dapat Anda download sekarang juga atau dengarkan langsung melalui player yang tersedia di bawah.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Tausiyah: 5 Hal Penting di Akhirat

Sebagian mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa kita selalu membicarakan kehidupan akhirat? Kenapa kita selalu membicarakan kehidupan setelah kematian ini? Bukankah kita masih hidup di dunia? Mungkin umur kita akan panjang, mungkin kita masih bisa berbuat banyak di dunia ini…

Seorang Muslim, cara berpikirnya tidak seperti orang-orang kafir. Seorang Muslim, cara berpikirnya senantiasa bercita-cita, berasa, dan berkeinginan untuk masuk kepada kehidupan akhirat yang di dalamnya ada surga Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seorang Muslim, gaya hidup mereka tidak seperti orang-orang kafir.

وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَى حَيَاةٍ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُواْ يَوَدُّ أَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ أَلْفَ سَنَةٍ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِ مِنَ الْعَذَابِ أَن يُعَمَّرَ … (البقرة: ٩٦)

“Dan sungguh kamu akan mendapati mereka, manusia yang paling loba kepada kehidupan (di dunia), bahkan (lebih loba lagi) dari orang-orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya daripada siksa. …” (QS Al-Baqarah [2]: 96)

Baca Juga:
Gambaran Surga dan Semangat Masuk Surga

Imam Ibnu Katsir rahimahullahu Ta’ala ketika menafsiri ayat ini, beliau mengatakan:

أي : [ أحرص الخلق على حياة أي ] : على طول عمر ، لما يعلمون من مآلهم السيئ وعاقبتهم عند الله الخاسرة ;

“Makhluk yang paling rakus terhadap kehidupan atau terhadap umur yang panjang, (yaitu kaum Yahudi dan Nasrani), karena mereka tahu, bahwasanya kalau mereka mati (masuk kepada kehidupan akhirat), nasib mereka adalah buruk dan nasib mereka yang rugi di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Kenapa kita selalu membicarakan kehidupan akhirat? Kenapa seorang mukmin senantiasa hatinya selalu terpaut kepada kehidupan akhirat? Bukan hanya terpaut dengan kehidupan dunia yang penuh dengan kesementaraan, kesemuan, serta ketidakkekalan?

Karena kata Imam Ibnu Katsir radhimahullahu Ta’ala:

Karena dunia ini penjaranya orang beriman dan surganya orang-orang kafir.

Mari langsung kita download ceramah agama tematik ini untuk dapat menyimak kelanjutan dari tausiyah penuh manfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat kita.

Download Tausiyah: Ustadz Ahmad Zainuddin – 5 Hal Penting di Akhirat

Silakan download dan jangan lupa untuk men-share-nya ke Facebook, Twitter, dan Google+, agar saudara-saudara Muslimin kita dapat memperoleh manfaatnya, begitu pula kita dapat memperoleh manfaat pahalanya. Aamiin.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.