Rodja Peduli

Fiqhul Akhlaaq

Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah – Bagian ke-4 – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:10 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 04 Juni 2014 pukul 1:51 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6589

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-3). Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-4)“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 21 Rajab 1435 / 21 Mei 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-4)

Anjuran untuk Senantiasa Meminta Hidayah kepada Allah

Sebuah pokok yang penting dalam bermu’amalah adalah meminta kepada Allah, agar Allah memberikan kepadanya taufiq dan akhlak yang baik. Karena seorang hamba apabila tidak diberikan taufik oleh Allah, maka ia tidak akan bisa melakukan berbagai macam kebaikan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَـذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلا أَنْ هَدَانَا اللّهُ

“Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kami kepada (surga) ini. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau Allah tidak memberi kami petunjuk.” (QS Al-A’raf [7]: 43)

Baca Juga:
Tidak Ada Satupun Bahaya Yang Dibenarkan Oleh Islam

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

مَن يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُ وَلِيّاً مُّرْشِداً

“Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk, dan barangsiapa yang disesatkanNya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.” (QS Al-Kahfi [18]: 17)

Dan di dalam hadits qudsi, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يا عبادي كلكم ضال إلا من هديته فاستهدوني أهدكم

“Wahai para hambaKu, kalian semua tersesat kecuali orang yang Aku beri petunjuk, maka mohonlah petunjuk padaKu, Aku akan beri kalian petunjuk.” (HR Muslim)

Dari ayat ini kita mengetahui bahwa begitu pentingnya meminta hidayah kepada Allah. Jika Allah telah memberikan hidayah kepada kita maka pastinya jalan kehidupan kita tidak akan tersesat.

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-4)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Bab Dibencinya Saling Memuji dan Seterusnya - Kitab Shahih Bukhari - Kajian Masjid Nabawi (Ustadz Abu 'Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.