Telegram Rodja Official

Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah

Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 920-925 – TPP: Anjuran untuk Berinfak, Anjuran untuk Meminta Surga Firdaus kepada Allah, dan Seterusnya (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini rekaman ceramah agama Islam dari pembahasan kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, yang disampaikan pada Ahad ba’da Maghrib, 10 Syaban 1435 / 8 Juni 2014 di Masjid Al-Barkah, Komplek Radio Rodja, Cileungsi, Bogor, serta disiarkan oleh Radio Rodja dan RodjaTV. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc.. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan Hadits 910-918, dengan salah satu bahasan penting mengenai “Anjuran untuk Berhati-hati terhadap Fitnah Dunia dan Wanita, Larangan Memuji Seseorang di Depannya dan Seterusnya“. Dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Hadits 920-925, dengan pembahasan penting mengenai “Anjuran untuk Berinfak, Anjuran untuk Meminta Surga Firdaus kepada Allah, dan Seterusnya.” Semoga bermanfaat.

Termasuk Pembahasan Penting (TPP): “Anjuran untuk Berinfak, Anjuran untuk Meminta Surga Firdaus kepada Allah, dan Seterusnya”

[sc:status-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits-hadits Shahih dari Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits ke-920: Anjuran untuk Berinfak

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:
Antara Tawakal dan Ikhtiar - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

ما من يوم يصبح العباد فيه إلا ملكان ينزلان فيقول أحدهما: اللهم أعط منفقا خلفا و يقول الآخر: اللهم أعط ممسكا تلفا

Tidak ada suatu hari pun, yang mana seorang hamba masuk di waktu pagi padanya, kecuali akan turun kepadanya dua malaikat. Yang satu berkata: “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang berinfak.” Yang satu lagi mengatakan: “Ya Allah berikanlah kebinasaan kepada orang yang kikir.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Hadits ke-922: Anjuran untuk Meminta Surga Firdaus kepada Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الجنة مائة درجة ما بين كل درجتين مسيرة مائة عام – وقال عفان: كما بين السماء إلى الأرض – والفردوس أعلاها درجة ومنها تخرج الأنهار الأربعة والعرش من فوقها، وإذا سألتم الله تبارك وتعالى، فاسألوه الفردوس

“Surga itu mempunyai seratus tingkatan, dan pada tiap tingkatnya itu setara dengan perjalanan seratus tahun. ‘Affan berkata: “Sejauh antara langit dan bumi”, sesungguhnya surga yang paling tinggi ialah Firdaus, dan di dalamnya mengalir empat sungai, adapun Arsy itu berada diatasnya surga Firdaus. Oleh karena itu, jika kalian meminta kepada Allah, mintalah dimasukkan dalam surga Firdaus”. (HR At-Tirmidzi, Al-Hakim, dan Ahmad)

Hadits ke-923: Muntah Tidak Sengaja Tidaklah Membatalkan Puasa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من ذرعه القيء فلا يقض

“Barangsiapa yang terdorong muntah (tidak sengaja), maka ia tidak perlu mengqadha (puasanya).”

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1064-1073 - TPP: Adab ketika Melihat Orang Terkena Musibah, Syarat-Syarat Ruqyah Syar'iyyah, hingga Keutamaan Waktu Pertengahan Malam (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Hadits ke-924: Anjuran Mengusir Orang Yahudi dan Nashrani dari Tanah Arab

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لأخرجن اليهود و النصارى من جزيرة العرب حتى لا أدع إلا مسلما

“Sungguh aku ingin sekali untuk mengeluarkan orang-orang Yahudi dan Nashara dari Jazirah Arab sampai tidak tersisa kecuali orang muslim.”

Dan seterusnya…….

Mari download ceramah agama ini, dengan pembahasan kitab Silsilah Hadits Shahih dan bagikan file MP3 kajiannya kepada saudara-saudara kita.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits ke-920 hingga ke-925

Silakan bagikan hasil rekaman atau link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.