Rodja Peduli

Tematik

Menyambut Ramadhan – Tarhib Ramadhan (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 9:10 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 20 Mei 2017 pukul 1:31 pm

Tautan: http://rodja.id/1b9

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Silakan download ceramah agama penuh manfaat, yang dibawakan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam pada Ahad malam, 24 Sya’ban 1435 / 22 Juni 2014, pukul 19:30-21:00 WIB di Radio Rodja dan RodjaTV. Ceramah yang disampaikannya ini adalah seputar “Tarhib Ramadhan / Menyambut Ramadhan” di mana di dalamnya mengingatkan kepada kita semua tentang persiapan-persiapan dalam menyambut bulan Ramadhan. Apa saja persiapan-persiapan yang dimaksud? Mari kita simak ceramahnya untuk menuai Ramadhan ini dengan penuh amalah shalih.

Ringkasan Ceramah Agama: Menyambut Ramadhan (Tarhib Ramadhan)

Sebentar lagi, kita akan menghadapi sebuah bulan yang mulia. Bulan yang sangat mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dia adalah bulan yang disyariatkan kita untuk berpuasa. Dia adalah bulan yang diturunkan padanya Al-Qur’an. Dia adalah bulan yang kaum Muslimin bergembira dengan berbuka puasa dan bersahur, serta bergembira dengan mengamalkan sebuah ibadah yang agung.

Ramadhan adalah bulan istimewa, tamu yang agung. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah menyebutkan keistimewaan bulan Ramadhan:

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ ، صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَاب ، وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَاب ، وَيُنَادِي مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلكَ كُلُّ لَيْلَةٍ

Baca Juga:
Saat Terindah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

“Pada malam pertama dari bulan Ramadhan, maka setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat akan diikat, ditutup pintu-pintu neraka dan tidak ada satu pun pintu neraka yang dibuka, dibuka pintu-pintu surga dan tidak ada satu pun pintu surga yang ditutup, dan akan ada penyeru berkata, “Wahai yang menginginkan kebaikan, kemarilah! Dan wahai yang menginginkan keburukan, kurangilah!” Dan Allah memerdekakan hamba-hambaNya dari neraka di setiap malam bulan Ramadhan.”

Hadits ini adalah hadits yang shahih. Hadits ini menunjukkan kemuliaan bulan Ramadhan, di mana di bulan Ramadhan, kata Rasulullah, setan-setan yang durhaka dan jahat diikat; ini menunjukkan bahwa tidak semua setan dan jin diikat, melainkan jin-jin yang sangat durhakalah yang diikat. Kemudian kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, pintu-pintu surga akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup. Demikian pula, akan ada malaikat yang menyeru dan berkata, “Wahai yang menginginkan kebaikan, kemarilah!” dan “Wahai yang menginginkan keburukan, kurangilah!”. Dan subhanallah setiap malam bulan Ramadhan, Allah memerdekakan hamba-hambaNya dari api neraka.

Mari kita simak dan download ceramah agama tentang persiapan-persiapan yang penting dilakukan untuk menghadapi bulan Ramadhan, baik puasa Ramadhan maupun ibadah-ibadah lain yang Allah lipat gandakan keutamaannya di bulan suci Ramadhan.

Download Ceramah Agama Ustadz Badrusalam, Lc. – Menyambut Ramadhan (Tarhib Ramadhan)

Baca Juga:
Kapan Beristighfar - Bagian ke-1 - Fiqih Do'a dan Dzikir (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Ayo kita bagikan rekaman ceramah agama ini ke saudara-saudara Muslimin dan share juga ke Facebook, Twitter, dan Google+, insya Allah berpahala!

7 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 22 = 25

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.