Telegram Rodja Official

Fiqhul Akhlaaq

Berbuat Baik dan Memaafkan Manusia – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Pentingnya Saling Memberi Hadiah. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Berbuat Baik dan Memaafkan Manusia“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 26 Syaban 1435 / 26 Juni 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Berbuat Baik dan Memaafkan Manusia

Adab yang mulia tersebut merupakan pintu yang paling besar untuk mendatangkan rasa cinta di antara para hamba. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ، وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

“Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.” (QS Fushilat [41]: 34-35)

Baca Juga:
Tentang Jiwa yang Baik - Bab 142 - Hadits 301-304 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Apabila ada orang yang mencaci-maki kita, maka balaslah dengan maaf dan ucapan-ucapan yang baik. Hal ini merupakan perkara yang sangat sulit untuk dilaksanakan, karena biasanya seseorang itu lebih cenderung untuk membalas ketika dicaci-maki oleh orang lain.

Apabila ada seseorang berbuat jelek kepadamu, maka berbuat baiklah kepadanya. Sebab jika kamu berbuat baik kepadanya, maka Allah akan terus membelamu dan membantumu.

Apabila seseorang mendzhalimi kamu maka maafkanlah dia. Karena Allah pasti akan membelamu. Karena Allah lah yang akan membela orang-orang yang terdzhalimi, Allah Subhanau wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ يُدَافِعُ عَنِ الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ خَوَّانٍ كَفُورٍ

“Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman. Sesungguhnya Allah tidak menyukai tiap-tiap orang yang berkhianat lagi mengingkari ni’mat.” (QS Al-Hajj [22]: 38)

Dan seterusnya……..

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Berbuat Baik dan Memaafkan Manusia

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Pembalasan / Qishash Budak dan Berikan Pakaian kepada Budak dari Apa yang Kalian Pakai - Hadits 181-188 - Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.