Rodja Peduli

Khutbah Jumat

Hikmah Puasa Ramadhan – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 11:01 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 05 Juli 2014 pukul 1:49 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=7328

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Silakan download rekaman khutbah Jumat Masjid Al-Barkah pada Sabtu, 6 Ramadhan 1435 / 4 Juli 2014. Khutbah tersebut disampaikan oleh Ustadz Badrusalam dengan tema spesial seputar Ramadan, yaitu Hikmah Puasa Ramadhan. Dengan rekaman ini, insya Allah kita akan semakin memahami apa saja hikmah-hikmah puasa Ramadhan.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Hikmah Puasa Ramadhan

Kita semua melaksanakan ibadah yang agung, berpuasa di bulan Ramadhan. Ini merupakan ibadah yang sangat banyak sekali hikmah-hikmah yang bisa ketik di dalamnya. Akan tetapi, hikmah yang paling agung, yang Allah sebutkan dalam Al-Qur’an, yaitu takwa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (البقرة: ١٨٣)

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS Al-Baqarah [2]: 183)

Karena takwa hakikatnya adalah sebuah kalimat yang mencakup segala macam kebaikan, yang intinya menjalankan ketaatan dan menjauhi berbagai macam larangan. Namun ketika seorang hamba berpuasa, kemudian ia pun berusaha untuk menjalankan ketakwaan dan menjauhi larangan-larangan, ketika seorang seorang hamba tersebut menjalankan semua itu, dia akan mendapatkan hal-hal yang tentunya sangat penting dalam kehidupan kita, yaitu…

Baca Juga:
Tanya-Jawab: Ramadhan: Berpuasa tapi tidak shalat wajib, apakah diterima puasanya?

Pertama, seorang hamba diminta bukan hanya untuk meninggalkan perkara yang sifatnya membatalkan puasa, tetapi juga perkara yang bisa mengurangi pahala puasanya. Di sini adalah sebuah pendidikan yang agung, bahwa seorang Muslim hendaknya berusaha semaksimal mungkin dalam hidupnya untuk meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من حسن إسلام المرء تركه ما لا يعنيه

“Di antara baiknya seorang hamba, dia meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat untuk hidupnya.”

Yaitu meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat untuk dunianya dan untuk akhiratnya.

Mari simak apa saja hikmah dari puasa Ramadhan yang insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kita dalam menjalani ibadah puasa ini. Download khutbah Jumatnya sekarang juga atau simak melalui player di bawah ini.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc – Hikmah Puasa Ramadhan

Yuk kita bantu sebarkan ke Facebook, Twitter, dan Google+, dengan klik like, tweet, atau +1, insya Allah bermanfaat bagi diri kita dan saudara-saudara kita. Aamiin.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.