Telegram Rodja Official

Tematik

Ramadhan, Bulan Membaca Al-Qur’an (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut adalah ceramah agama yang pernah tayang pada Sabtu malam, 8 Ramadhan 1435 / 5 Juli 2014 di Radio Rodja dan RodjaTV. Sebuah ceramah yang insya Allah sangat menggugah, yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, yang mengupas tentang “Ramadhan, Bulan Membaca Al-Qur’an“. Menggugah dalam artian, semoga dengan mendengarkan / mendownload ceramah ini, atas izin dan taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta’ala kita dapat dimudahkan untuk membaca Al-Qur’an, bahkan semakin gemar membaca Al-Qur’an di bulan suci ini.

Ringkasan Ceramah Agama: Ramadhan, Bulan Membaca Al-Qur’an

Para ulama rahimahumullahu Ta’ala menyatakan bahwa Ramadhan adalah bulan membaca Al-Qur’an. Hal ini didasari dari beberapa sebab.

Sebab yang pertama, yaitu firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ … (البقرة: ١٨٥)

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). …” (QS Al-Baqarah [2]: 185)

Kalau bisa dikatakan, ini penyebab utama kenapa Ramadhan disebut sebagai bulan membaca Al-Qur’an, karena di dalam Ramadhan diturunkan Al-Qur’an.

Baca Juga:
Tafsir Surat Adh-Dhuha - Ayat 6 - Tafsir Al-Quran (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Dan kita tidak meragukan lagi, bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Al-Qur’an pada Lailatul Qadar, sebagaimana yang Allah Subhanahu wa Ta’ala sebutkan:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (القدر: ١)

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan.” (QS Al-Qadr [97]: 1)

Ramadhan disebut bulan diturunkannya Al-Qur’an, karena Lailatul Qadar dengan kesepakatan para ulama, tidak ada perbedaan pendapat di antara mereka, berada pada bulan Ramadhan.

Allah berfirman juga:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ … (الدخان: ٣)

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada suatu malam yang penuh berkah …” (QS Ad-Dukhan [44]: 3)

Mari kita download ceramah agama ini yang semoga dengannya membuat kita semakin mencintai untuk membaca Al-Qur’an di bulan penuh berkah, bulan Ramadhan.

Download Ceramah Agama Islam: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. – Ramadhan, Bulan Membaca Al-Qur’an

Kenapa tidak kita bagikan ke Facebook, Twitter, dan Google+? Terlebih sekarang adalah bulan Ramadhan. Semoga dihitung sebagai amal-ibadah yang diterima dan dilipatgandakan oleh Allah Ta’ala. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.