Masjid Al-Barkah

Al-Kabaair

Mukadimah – Bagian ke-1 – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  |  pukul 6:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 24 September 2014 pukul 10:06 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=8218

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Kabair. Sebuah kitab fenomenal yang merupakan karya seorang ulama besar Madzhab Syafi’i yaitu, Imam Adz-Dzahabi rahimahullah. Kitab ini mencakup paparan yang indah tentang dosa-dosa besar, masalah-masalah haram, dan larangan-larangan. Kajian ini merupakan pengganti kajian kitab Syarah Riyadhush Shalihin yang rutin disiarkan live di Radio Rodja dan RodjaTV, yang dibawakan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah. Pada kesempatan kali ini, beliau akan menyampaikan pembahasan awal sebagai mukadimah (bagian ke-1) dari kitab Al-Kabair ini. Kajian ini disampaikan pada Sabtu sore, 12 Dzulqa’dah 1435 / 7 September 2014, di Radio Rodja dan Rodja TV. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Mukadimah Bagian ke-1

Di antara perkara yang harus diketahui oleh setiap muslim dan muslimah yaitu mengenal dosa-dosa besar atau Al-Kabair. Hal itu dikarenakan Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhi dosa-dosa besar, dan Allah Ta’ala juga melarang kita untuk mendekati dosa-dosa besar tersebut di dalam banyak ayat yang disebutkan di Al-Qur’an Al-Karim. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melarang hal demikian di dalam hadits-haditsnya.

Baca Juga:
Larangan Meninggalkan Shalat Jama'ah dan Shalat Jum'at - Ensiklopedi Larangan dalam Islam (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)

Tidak mungkin kita bisa menjauhi dosa-dosa besar tersebut, kecuali setelah kita mengetahui apa saja yang termasuk dosa-dosa besar tersebut. Setelah kita mengetahui dan mempunyai ilmu tentang dosa-dosa besar insya Allah kita akan bisa menjauhinya. Sebagian ulama salaf mengatakan:

كيف يتقي من لا يدري ما يتقي

“Bagaimana seseorang bisa menghindar dari sesuatu yang dia tidak tau apa yang harus ia menghindar darinya.”

Barangsiapa yang tidak mengetahui apa itu dosa-dosa besar dan barangsiapa yang tidak mengetahui apa itu Al-Kabair, dan juga tidak mengetahui tentang ancaman-ancaman yang keras dari Al-Quran dan As-Sunnah terhadap para pelakunya, maka bagaimana ia akan menghindar dari dosa-dosa besar tersebut?

Silakan simak penjelasan selengkapnya kajian kitab Al-Kabair bersama Asy-Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Mukadimah Bagian ke-1

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.