Telegram Rodja Official

Fiqhul Akhlaaq

Tidak Diperbolehkan Meminta-minta kecuali Tiga Golongan – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Seorang Muslim Tidak Boleh Mempunyai Sifat Suka Meminta-minta. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Tidak Diperbolehkan Meminta-minta kecuali Tiga Golongan“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 22 Dzulqa’dah 1435 / 17 September 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Tidak Diperbolehkan Meminta-minta kecuali Tiga Golongan

Islam melarang keras umatnya untuk meminta-minta kepada orang lain. Karena hal itu merupakan akhlak tercela, sedangkan jiwa seorang muslim itu mulia dan tidak suka mengharapkan uluran tangan dari orang lain. Namun, ada tiga golongan yang diperbolehkan untuk meminta-minta. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن المسألة لا تحل لأحد إلا لثلاثة : رجل تحمل حمالة فحلت له المسألة حتى يصيبها ثم يمسك، ورجل أصابته جائحة اجتاحت ماله فحلت له المسألة حتى يصيب قواماً من عيش، ورجل أصابته فاقة فقال ثلاثة من ذوي الحجى من قومه لقدأصابت فلاناً فاقة، فحلت له المسألة حتى يصيب قواماً من عيش

Baca Juga:
Mengingat Kehidupan Akhirat dan Berteman dengan Orang-Orang Baik

“Sesungguhnya meminta-minta itu tidak halal kecuali untuk salah satu dari tiga orang: Pertama, orang yang menanggung kerugian dalam mendamaikan (dua kabilah yang berperang), maka boleh bagianya meminta-minta hingga ia mendapatkan kecukupan untuk membeyar semuanya. Kedua, seseorang yang bangkrut, maka ia boleh meminta-minta hingga ia mendapatkan sesuatu yang mencukupi hidupnya. Ketiga, orang yang sangat fakir, dan disaksikan oleh tiga orang yang adil di kaumnya tersebut bahwa ia benar-benar orang fakir, maka ia boleh meminta-minta hingga mendapatkan kecukupan.”

Itulah tiga golongan yang diperbolehkan untuk meminta-minta. Adapun selain tiga golongan tersebut maka diharamkan.

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Tidak Diperbolehkan Meminta-minta kecuali Tiga Golongan

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. dindin

    Sabtu, _20 _September _2014 / 20 September 2014 at 12:37

    Wah, sekarang minta-minta jadi profesi andalan…kalau kita yang sengaja memberi bagaimana hukumnya, pak ustad .

    • Radio Rodja

      Senin, _22 _September _2014 / 22 September 2014 at 07:49

      Silakan Anda simak rekaman ceramah agama di atas, dengan menyimaknya langsung dengan klik play atau mendownloadnya, insya Allah Anda akan menemukan jawabannya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.