Telegram Rodja Official

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Perintah Allah untuk Menyantuni Anak Yatim (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  | 

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ceramah agama yang dapat Anda unduh berikut adalah yang disampaikan pada Sabtu, 25 Dzulqa’dah 1435 / 20 September 2014 oleh Ustadz Kholid Syamhudi di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada ceramah ini, Al-Ustadz mengetengahkan sebuah tema yang indah tentang “Perintah Allah untuk Menyantuni Anak Yatim“. Silakan Anda langsung dapat mendownload ceramah agamanya atau mendengarkannya langsung dari player.

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Tuntunan Al-Qur’an dalam Mendidik Anak

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk berbuat baik dan menyantuni anak yatim, Allah berfirman:

وَابْتَلُواْ الْيَتَامَى حَتَّىَ إِذَا بَلَغُواْ النِّكَاحَ فَإِنْ آنَسْتُم مِّنْهُمْ رُشْداً فَادْفَعُواْ إِلَيْهِمْ أَمْوَالَهُمْ وَلاَ تَأْكُلُوهَا إِسْرَافاً وَبِدَاراً أَن يَكْبَرُواْ وَمَن كَانَ غَنِيّاً فَلْيَسْتَعْفِفْ وَمَن كَانَ فَقِيراً فَلْيَأْكُلْ بِالْمَعْرُوفِ فَإِذَا دَفَعْتُمْ إِلَيْهِمْ أَمْوَالَهُمْ فَأَشْهِدُواْ عَلَيْهِمْ وَكَفَى بِاللّهِ حَسِيباً

“Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya. Dan janganlah kamu makan harta anak yatim lebih dari batas kepatutan dan (janganlah kamu) tergesa-gesa (membelanjakannya) sebelum mereka dewasa. Barang siapa (di antara pemelihara itu) mampu, maka hendaklah ia menahan diri (dari memakan harta anak yatim itu) dan barangsiapa yang miskin, maka bolehlah ia makan harta itu menurut yang patut. Kemudian apabila kamu menyerahkan harta kepada mereka, maka hendaklah kamu adakan saksi-saksi (tentang penyerahan itu) bagi mereka. Dan cukuplah Allah sebagai Pengawas (atas persaksian itu).” (QS An-Nisa [4]: 6)

Baca Juga:
Nasihat Ulama seputar Pembinaan Anak Usia Dini - Bagian ke-4 (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Bagaimana tuntunan Al-Quran dalam mendidik anak-anak kita?

Silakan simak dan download rekaman ceramah agama yang insya Allah sangat bermanfaat ini.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Perintah Allah untuk Menyantuni Anak Yatim

Mari download pengajian Islam ini dan share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah berpahala…

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.