Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Menjaga Lisan dari Ghibah – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 27 Dzulqa’dah 1435 / 22 September 2014. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan kali ini beliau akan membawakan pembahasan tentang Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia yaitu, “Menjaga Lisan dari Ghibah“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Menjaga Lisan

Ghibah

Ghibah, atau menggunjing termasuk penyakit lisan yang kelihatannya terasa ringan namun akibatnya mematikan. Manusia mudah larut dan sering meremehkan ghibah, sehingga jarang sekali ada mejelis yang bersih darinya. Berawal dari sikap demikian, akhirnya setan dengan mudah menyeret mereka ke dalam kemaksiatan. Syubhat-syubhat yang diembuskan setan membuat seseorang merasa aman dari dosa tatkala asyik mengumbar aib dan kekurangan saudaranya sendiri.

Pengertian ghibah adalah seperti yang disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

الغِيْبَةُ ذِكْرُكَ أًخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ

“Ghibah adalah engkau menyebut-nyebut saudaramu dengan sesuatu yang tidak ia sukai.” (HR At-Tirmidzi no. 4063)

Baca Juga:
Maula Suatu Kaum termasuk dari Golongan Mereka, Barangsiapa yang Merawat 1 atau 2 Anak Perempuan, Barangsiapa yang Menanggung 3 Saudara Perempuan, serta Keutamaan Merawat Anak Perempuan yang Dikembalikan / Ditinggalkan Suaminya - Hadits 75-82 - Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Dari hadits di atas jelaslah bahwa maksud ghibah adalah menyebut-nyebut keadaan orang lain dengan sesuatu yang tidak disukainya, apapun alasannya, karena kesal, ikut-ikutan, ingin mengangkat pamor pribadi, dengki, untuk membuat orang lain tertawa, atau untuk mengisi waktu luang.

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai hal ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Menjaga Lisan dari Ghibah

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.