Telegram Rodja Official

Perintah untuk Menyenangkan Hati Orang Lain dan Menjaga Perasaannya – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:40 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 27 Shafar 1436 / 19 Desember 2014 pukul 2:15 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=8392

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Tidak Diperbolehkan Meminta-minta kecuali Tiga Golongan. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “ Perintah untuk Menyenangkan Hati Orang Lain dan Menjaga Perasaannya“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 29 Dzulqa’dah 1435 / 24 September 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Perintah untuk Menyenangkan Hati Orang Lain dan Menjaga Perasaannya

Islam agama yang mengajarkan kepada kita untuk menjaga perasaan orang lain. Kita juga dianjurkan untuk menyenangkan hati mereka. Bahkan menyakiti hati orang lain itu merupakan perkara yang diharamkan oleh Islam.

Baca Juga:  CELAH-CELAH RIBA DALAM JUAL BELI BAGIAN 1 - KITAB ZADUL MUSTAQNI (USTADZ DR. ERWANDI TARMIZI, M.A.)

Islam juga mengajarkan kita untuk ikut meringankan beban atau musibah orang lain, karena itu termasuk menyenangkan hati mereka. Dalil yang menunjukan hal ini pun sangat banyak, di antaranya adalah firman Allah Ta’ala:

وَإِذَا حَضَرَ الْقِسْمَةَ أُوْلُواْ الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينُ فَارْزُقُوهُم مِّنْهُ وَقُولُواْ لَهُمْ قَوْلاً مَّعْرُوفاً

“Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, anak yatim dan orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu (sekedarnya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik”. (QS An-Nisa [4]: 8)

Ayat itu menggambarkan ketika pembagian warisan, apabila datang saat itu orang-orang yang bukan ahli waris (anak yatim dan orang miskin), maka kita harus menjaga perasaan mereka. Jangan sampai ada ucapan kita yang menyakiti hati mereka.

Baca Juga:  Bahaya Minuman Keras dan Narkotika serta Obat-Obat Terlarang

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Perintah untuk Menyenangkan Hati Orang Lain dan Menjaga Perasaannya

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.