Rodja Peduli

Tematik

Beberapa Kesalahan dalam Ziarah ke Kota Madinah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 9:40 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 08 Oktober 2014 pukul 11:11 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=8569

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Sebuah ceramah agama Islam yang disampaikan secara live pada Rabu pagi, 6 Dzulhijjah 1435 / 1 Oktober 2014 di Radio Rodja dan Rodja TV. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan membawakan tema tentang “Beberapa Kesalahan dalam Ziarah ke Kota Madinah“, yaitu yang terkait dengan kegiatan ziarah ke Masjid Nabawi, Makam Nabi, Masjid Quba, Makam Syuhada Uhud, dan Makam Para Sahabat di Pemakaman Baqi’.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Beberapa Kesalahan dalam Ziarah ke Kota Madinah

Kita akan menyebutkan hadits-hadits yang berkenaan dengan berziarah ke kota Nabi, berziarah ke Masjid Nabi, berziarah ke Kuburan Nabi, berziarah ke Masjid Quba, berziarah ke Kuburan Syuhada Uhud, dan berziarah ke Kuburan Para Sahabat di Pekuburan Baqi’.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلا إِلَى ثَلاثَةِ مَسَاجِدَ : الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ , وَمَسْجِدِي هَذَا , وَالْمَسْجِدِ الأَقْصَى

“Tidak boleh berpayah-payah mengadakan sebuah perjalanan kecuali kepada tiga masjid: Masjidil Haram, masjidku ini (Masjid Nabawi), dan Masjidil Aqsha.” (HR Bukhari-Muslim)

Hadits ini memberikan pelajaran kepada kita, bahwa yang disyariatkan untuk bersungguh-sungguh dalam berziarah adalah berziarah ke-3 masjid: Masjid Al-Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Aqsha. Adapun berziarah ataupun berpayah-payah dengan mengadakan sebuah perjalanan untuk mendatangi tempat-tempat selain ke-3 tempat ini, kalau itu sebagai sebuah ibadah maka tidak dianjurkan dan tidak disyariatkan dalam agama Islam. Oleh karenanya, tidak disyariatkan berpayah-payah membuat sebuah travel / membuat sebuah perjalanan khusus untuk ke kuburan-kuburan, baik itu kuburan yang keramat ataupun kuburan-kuburan lainnya, karena berdasarkan hadits ini.

Baca Juga:
Kisah Para Nabi Penggugah Hati (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Mari simak kelanjutan ceramah agama Islam ini untuk mendalami akan din Islam ini.

Download Ceramah Agama Islam: Ustadz Ahmad Zainuddin – Beberapa Kesalahan dalam Ziarah ke Kota Madinah

Silakan share ke Facebook, Twitter, dan Google+ dengan sangat mudah, hanya dengan memanfaatkan tombol-tombol di bawah ini.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.