Telegram Rodja Official

Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Menolong Saudara Muslim dari Perbuatan Zalim – Bagian ke-1 (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman dari kajian lanjutan dengan pembahasan tentang Adab dan Akhlak Seorang Muslim. Pada pertemuan sebelumnya, Ustadz Muhammad Nuzul telah menyampaikan tentang Ghibah yang Dibolehkan (Bagian ke-2). Dan pada kajian kali ini, beliau akan menyapaikan pembahasan tentang “Menolong Saudara Muslim dari Perbuatan Zalim (Bagian ke-1)“. Kajian ini disiarkan live di Radio Rodja dan TV Rodja pada Sabtu ba’da Maghrib, 2 Al-Muharram 1436 / 25 Oktober 2014. Semoga bermanfaat.

Program Adab dan Akhlak Seorang Muslim - Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Sabtu malam, ba'da Maghrib - ba'da shalat Isya' (19:30) WIB



Status program Adab dan Akhlak Seorang Muslim: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Ringkasan Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Menolong Saudara Muslim dari Perbuatan Zalim (Bagian ke-1)

Di awal kajian, Ustadz Nuzul menjelaskan sedikit tentang keutamaan ibadah di bulan Al-Muharram. Beliau membawakan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ المُحَرَّمِ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Baca Juga:
Tidak Menunjuk Hidung Orang Lain dalam Ucapan - Bab 203-205 - Hadist 436-440 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

“Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah (puasa) di bulan Allah al-Muharram, dan sebaik-baiknya shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan an-Nasai, dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Namun pembahasan inti pada pertemuan ini adalah tentang “Menolong Saudara Muslim dari Perbuatan Zalim“, pembahasan ini di awali dengan sebuah hadits yang berbunyi:

انصر أخاك ظالماً أو مظلوماً، فقال رجل: يا رسول الله أنصره إذ كان مظلوماً، أفرأيت إذا كان ظالماً كيف أنصره؟! قال: تحجزه أو تمنعه من الظلم، فإن ذلك نصره

“Tolonglah saudaramu yang berbuat dzalim dan yang didzalimi.” Kemudian ada seseorang bertanya: “Wahai Rasulullah, aku biasa menolong orang lain jika ia terdzalimi, bagaimana aku menolong orang yang dzalim?” Beliau menjawab, “Cegahlah dia dari berbuat dzalim, maka sesungguhnya engkau telah menolongnya.” (HR Al-Bukhari)

Bagaimana penjelasan selengkapnya tentang pembahasan adab dan akhlak ini? Silakan simak penjelasan Ustadz Muhammad Nuzul di dalam rekaman kajian ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim: Menolong Saudara Muslim dari Perbuatan Zalim

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link pengajian agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain turut mendapatkan manfaatnya. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Utamakan Menasihati Diri Sendiri Sebelum Orang Lain - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.