Telegram Rodja Official

Tematik

Pentingnya Ikhlas dan Mutaba’ah dalam Menjalankan Agama Islam (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  | 

Kajian Tematik oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi pada Kamis pagi, 13 Al-Muharram 1436 / 6 November 2014 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang perkara penting dalam agama Islam, yaitu “Ikhlas dan Mutaba’ah“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Tematik: Pentingnya Ikhlas dan Mutaba’ah dalam Menjalankan Agama Islam

Sebagai seorang muslim kita harus memahami dua perkara yang sangat penting dalam agama Islam, yaitu ikhlas dan mutaba’ah. Dua perkara ini merupakan kaidah yang agung dalam masalah tarbiyah dan ishlah dan juga merupakan sifat dasar dari agama Islam.

Agama Islam dibangun di atas dua hal, yaitu ikhlas dan mutaba’ah atau mengikuti sunnah Nabi yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mengenai masalah ikhlas, Allah Ta’ala berfirman:

وَمَنْ أَحْسَنُ دِيناً مِّمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لله وَهُوَ مُحْسِنٌ واتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفاً وَاتَّخَذَ اللّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلاً

“Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya.” (QS An-Nisa [4]: 125)

Baca Juga:
Ekonomi Hancur karena Riba (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

Allah Ta’ala juga berfirman:

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta’atan kepadaNya dalam (menjalankan) agama.” (QS Al-Bayinah [98]: 5)

Dan juga firmanNya:

قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ مُخْلِصاً لَّهُ الدِّينَ

“Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama.” (QS Az-Zumar [39]: 11)

Berkaitan dengan mutaba’ah Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Ali Imran [3]: 31)

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Download rekaman ceramah agama ini dan simak penjelasan Ustadz Kurnaedi hafidzahullah.

Download Kajian: “Pentingnya Ikhlas dan Mutaba’ah dalam Menjalankan Agama Islam”

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

2 Comments

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.