Telegram Rodja Official

Fiqhul Akhlaaq

Menghilangkan Keraguan dan Tuduhan dari Kaum Muslimin – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Pentingnya Memahami Maksud Orang Lain yang Terkandung dalam Ucapannya. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Menghilangkan Keraguan dan Tuduhan dari Kaum Muslimin“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 19 Al-Muharram 1436 / 12 November 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Menghilangkan Keraguan dan Tuduhan dari Kaum Muslimin

Di antara akhlak karimah yang dianjurkan oleh Islam adalah menghilangkan keraguan-keraguan dari kaum muslimin, artinya menghilangkan tuduhan-tuduhan terhadap diri kita, ataupun hal-hal yang bisa membuat mereka meragukan diri kita. Syariat kita yang lurus memerintahkan hal ini agar hati-hati manusia bersih terhadap kita. Agar juga tidak masuk ke dalam hati-hati mereka keraguan dan tuduhan terhadap saudara-saudar mereka.

Hal ini telah ditunjukan di dalam banyak dalil, di antaranya adalah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِذَا كُنْتُمْ ثَلاَثَةً فَلاَ يَتَنَاجَى اثْنَانِ دُونَ الآخَرِ حَتَّى تَخْتَلِطُوا بِالنَّاسِ أَجْل أَنْ ذَلِكَ يُحْزِنَهُ

Baca Juga:
Hak-Hak Baitullah Al-Haram - Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

“Apabila kalian tiga orang, maka janganlah dua orang berbisik-bisik tanpa mengajak yang ketiga. Karena hal itu akan membuatnya sedih.” (HR Muslim)

Di dalam hadits ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita adab, yaitu jika ada tiga orang yang sedang bersama, maka tidak boleh dua orang di antara mereka berbisik-bisik tanpa mengikutsertakan yang ketiga. Karena hal ini bisa menyebabkan rasa buruk sangka dan menimbulkan rasa sedih pada orang yagn ketiga. Dan tentu saja hal ini termasuk ke dalam perkara menyakiti hati orang lain yang dilarang di dalam Islam.

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Menghilangkan Keraguan dan Tuduhan dari Kaum Muslimin

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.