Telegram Rodja Official

Hak dan Kewajiban Pekerja dan Pemimpin dalam Islam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 18 Shafar 1437 / 30 November 2015 pukul 1:43 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=9450

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama tematik ini adalah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary pada Ahad malam, 18 Dzulhijjah 1435 / 12 Oktober 2014 di Masjid Al-Barkah, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor dan di-live-kan oleh Radio Rodja dan Rodja TV. Adalah sebuah ceramah yang mengangkat tentang “Hak dan Kewajiban Pekerja dan Pemimpin dalam Islam“, di mana apabila kita menyimak ceramah ini dengan seksama, maka kita semakin meyakini bahwa Islam adalah agama yang sempurna, yang telah mengatur hubungan antara pemimpin dan pegawainya, atasan dan bawahannya, majikan dan pekerjanya dengan mendetil.

NB: Mohon maaf sekaligus alhamdulillah, kami telah mengganti berkas / file MP3 yang ada dengan versi rekaman yang lebih lengkap. Rekaman sebelumnya hanya berdurasi 39:56, rekaman terbaru ini adalah berdurasi 1:08:55. Silakan dapat Anda download kembali ceramahnya.

Baca Juga:  Penisbatan Kepada Kelompok-Kelompok Menyimpang

Rekaman audio: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. – Hak dan Kewajiban Pekerja dan Pemimpin dalam Islam

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hak dan Kewajiban Pekerja dan Pemimpin dalam Islam

Kita di dunia ini tidak lepas dari 2 status, jadi atasan atau bawahan. Ada yang bos, dipanggil Pak Bos, Bang Bos, dst, ada yang jadi anak buah. Ada yang jadi majikan, ada yang jadi pesuruh. Baik itu di lembaga-lembaga pemerintah ataupun swasta, ada pemimpin / atasan maupun anak buah; maupun di dalam perniagaan, ada majikan dan ada anak buah. Dan Islam adalah agama yang sempurna. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjelaskan di dalam KitabNya:

إِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتَّى (الليل: ٤)

Baca Juga:  Ahlussunnah Meyakini Isi Surat Hud Ayat 116

“Sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda.” (QS Al-Lail [92]: 4)

Semua sendi-sendi kehidupan manusia itu diatur oleh Islam, termasuk masalah hak dan kewajiban majikan maupun pekerja, atasan maupun bawahan, sehingga tidak tumpang-tindih, tidak saling dzalim-mendzalimi satu sama lainnya. Di dalam kehidupan nyata ini terkadang bawahan mendzalimi atasan. Ada juga atasan yang mendzalimi bawahan, bahkan hal seperti ini lebih banyak terjadi. Maka Islam mengatur masalah ini dengan sangat rinci.

Islam adalah agama sempurna. Islam adalah jawaban bagi semua problematika manusia, termasuk hubungan antara majikan dan pekerja, hak dan kewajiban masing-masing pihak. Jadi, seluruh aspek kehidupan manusia itu diatur oleh Islam karena Islam ini diturunkan sebagai rahmat bagi semesta alam. Dan Islam sangat memperhatikan hak-hak asasi semua manusia. Kalau orang sekarang sibuk meneriakkan HAM, maka jauh-jauh hari Islam sudah memperhatikannya. Tidak ada sistem yang lebih detil di dalam memperhatikan hak-hak manusia selain Islam.

Baca Juga:  Fiqih Keagungan Allah Ta'ala - Bagian ke-1 - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Yuk, simak dan download ceramah agama Hak dan Kewajiban Pekerja dan Pemimpin dalam Islam oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Semoga Allah Ta’ala menjadikan kita, apabila menjadi pekerja maka pekerja yang amanah, demikian juga, apabila menjadi pemimpin maka pemimpin yang amanah pula. Aamiin.

Download Ceramah Agama Islam: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary – Hak dan Kewajiban Pekerja dan Pemimpin dalam Islam

Ayo share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang melihat share Anda dan terutama bermanfaat untuk menambah amal baik kita. Aamiin.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.